Proses Terjadinya Fatamorgana

Proses Terjadinya Fatamorgana – Baik kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari fatamorgana, kita pasti sudah sangat sering mendengar istilah kata fatamorgana, namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan fatamorgana? Dan bagaimana proses terjadinya fatamorgana tersebut? Baik perhatikan pembahasan berikut ini.

Proses Terjadinya Fatamorgana

Proses Terjadinya Fatamorgana

Setiap hari pasti kita sering berpergian terutama di siang hari saat di mana cuaca terik panas matahari sedang sangat menyengat, biasanya pada saat jam tersebut kita sering melihat sebuah bayang-bayang seperti sedang dibakar, dan terkadang bayang-bayang ini menyerupai air seperti ombak, perlu diketahui bahwa bayang-bayang tersebut adalah fatamorgana.

Banyak dari kita yang belum tahu apa itu fatamorgana, fatamorgana sendiri sering diartikan oleh banyak orang sebagai pembatas antara dunia kita dengan dunia lain sebagai tirai alam.

Fatamorgana banyak sekali ditemui dan bisa terjadi di tempat seperti padang pasir, Padang es, dan juga bisa ditemui di gunung broken yang berada di Jerman.

Fatamorgana sendiri merupakan sebuah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, dimana kemudian nantinya akan memunculkan sebuah halusinasi atau ilusi, sederhananya fatamorgana adalah sesuatu yang sebenarnya tidak ada menjadi seolah-olah ada.

Proses Terjadinya Fatamorgana

  • Awal terjadinya dari Fatamorgana adalah dari adanya kerapatan 2 suhu antara suhu dingin dengan suhu udara panas yang berada di lapisan atmosfer bumi, suhu udara dingin mempunyai kerapatan yang lebih rapat daripada suhu udara panas, sebaliknya suhu udara panas memiliki kerapatan yang jauh lebih rendah daripada suhu udara dingin.
  • Dengan adanya perbedaan suhu tersebut, maka suhu udara yang panas akan berada dekat dengan tanah dan terperangkap oleh suhu udara dingin yang letaknya berada di atas.
  • Hal ini akan membuat pembiasan cahaya ke arah garis horizontal dari pandangan, dan berjalan ke atas karena pengaruh internal total.
  • Cahaya yang berada pada medium indeks bias yang tinggi akan pindah menuju indeks bias yang lebih rendah.
  • Dan saat mata kita melihat fenomena ini, kita akan melihat sebuah bayang-bayang seperti air dan fenomena tersebut disebut dengan Fatamorgana.

Itu saja untuk artikel kita kali ini semoga bisa membantu, terimakasih.

Updated: Agustus 6, 2019 — 6:50 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme