Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Semangka

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Semangka – Pohon semangka / citrullus vulgaris adalah salah satu tanaman semusim yang mengalami pertumbuhan merambat dan tergolong ke dalam suku ketimun – timunan yang berasal dari area / wilayah yang banyak mengandung air yang menjadi penyebab rasa daging buah ini manis dan segar. Di samping buahnya, biji semangka bisa dikonsumsi dengan cara disangrai hingga kering dan matang lalu menjadi kuaci yang diberi taburan garam, rasanya gurih dan banyak disukai oleh anak – anak.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Semangka

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Semangka

Marilah Mengenal Klasifikasi Tanaman Semangka

Tentang Klasifikasi Tanaman Semangka
Kingdom Plantae
Divisio Spermatophyta
Sub divisio Angiospermae
Kelas Dicotyledonae
Ordo Cucurbitales
Famili Cucurbitaceae
Genus Citrullus
Species C Vulgaris Schard

Mengenal Morfologi Tanaman Buah Semangka Dengan Singkat

Morfologi Batang Pada Tanaman Semangka

Tanaman buah semangka termasuk ke dalam kelompok tanaman semusim yang sufat tumbuhnya adalah merambat dengan kekuatan mampu mencapai panjang rambat kisaran 3 s/d 5 meter. Tekstur dari batang tanaman ini adalah lunak berbentuk bersegi – segi dengan terdapat bulu – bulu kasar dan panjang batang mampu mencapai sekitar 2 s/d 5 meter.

Baca Juga : Cara Budidaya Mentimun Untuk Pemula

Morfologi Daun Pada Tanaman Buah Semangka

Daun tanaman buah semangka letaknya berselang – seling dan bertangkai dengan masing – masing helaian daun berukuran lebar dan memiliki bulu – bulu halus yang posisinya menjari dengan bagian ujung daun runcing dengan ukuran panjang daun sekitar 3 s/d 25 cm dan lebar 2 s/d 5 cm disertai pada bagian tepi daun bergelombang dan permukaan bawahnya berambut sangat rapat melekat pada area tulang daun.

Morfologi Bunga Pada Tanaman Buah Semangka

Tanaman semangka memiliki bunga – bunga nan cantik terketak dan tumbuh pada ketiak daun yang memiliki warna kuning bersih dan cerah. Ditemukan ada 3 jenis bunga pada tanaman semangka yaitu bunga jantan / staminate, bunga betina / pistillate dan bunga sempurna / hermaphrodite. Secara garis besar tanaman buah semangka mempunyai bunga jantan dan bunga betina dengan perbandingan 7 : 1.

Morfologi Pada Buah Dari Tanaman Semangka

Tanaman semangka memiliki bentuk buah sangat beragam tergantung varietasnya yaitu ada kotak, lonjong, oval atau bulat dengan ukuran panjang masing – masing kisaran 20 s/d 40 cm berdiameter 15 s/d 20 cm dengan masing – masing bobot antar 4 s/d 20 kg . Daging buahnya rata – rata renyah karena banyak menagndung air yang rasanya manis dan segar sehingga pas dimanfaatkan sebagai buah meja. Warna daging buah semangka cantik – cantik yaitu mulai dari merah cerah, jingga keputihan hingga kuning cantik. Namun pada sebagian jenis buah semangka menyimpan banyak biji di sela – sela daging buah namun ada juga semangka yang dagingnya tanpa biji. Warna masing – masing kulit pada buah semangka ada beragam seperti hijau tua, kuning kehijauan agak putih, atau hijau muda bergaris putih atau kehitaman. Kulit buah rata – rata tebal, berdaging dan licin karena mengandung lilin.

Morfologi Biji Pada Buah Dari Tanaman Semangka

Biji – biji semangka berbentuk pipih dengan kondisi memanjang memiliki warna hitam dan keras (untuk biji – biji yang sudah berusia tua) sedangkan biji – biji yang masih muda memiliki bentuk yang sama hanya agak lunak berwarna putih, kuning dan coklat kemerahan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman semangka, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme