Pengertian Transformator

Pengertian Transformator – Bagi sebagian orang, tanpa mereka sadari bahwa transformator sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari.

Transformator, atau yang juga bisa disebut dengan trafo ini merupakan suatu perangkat yang dapat mentransfer energi listrik ataupun mengubah taraf suatu tegangan bolak balik AC kepada rangkaian listrik yang lain, baik itu mengurangi ataupun meningkatkan suatu tegangan.

Pada awal artikel ini sempat disinggung bahwa trafo ini cukup berguna untuk kehidupan kita, apakah kalian tahu fungsi dari trafo?

Selain untuk penurunan maupun penaikan tegangan listrik, trafo juga dapat berfungsi sebagai pemisah rangkaian, pengirim tenaga listrik, penyesuaian tegangan, serta pemberi energi pada suatu alat elektronik tertentu.

Contoh-contoh dari fungsi transformator yaitu seperti menjalankan alat – alat listrik yang memerlukan tegangan kecil agar bisa digunakan seperti mainan mobil listrik atau kereta listri, bel rumah, dan lain sebagainya. S

elain itu, salah satu contoh fungsi dari penaikan tegangan listrik yaitu ketika tegangan listrik dari generator pembangkit listrik perlu ditingkatkan agar dapat di transmisikan dengan jarak yang cukup jauh.

Perlu kita ketahui bahwa trafo yang ideal, yaitu trafo yang memiliki 100 % efisiensi, dimana trafo yang tidak terjadi kehilangan daya sama sekali.

Akan tetapi dengan kata lain, bahwa trafo yang ideal itu tidak mungkin dapat terjadi dikarenakan terjadi kerugian ataupun kehilangan daya akibat dari adanya beberapa faktor. Apa saja faktor – faktornya?

Diantaranya yaitu: factor yang disebabakan lilitan atau kumparan ( capper loss ) pada trafo itu sendiri, dan factor yang disebabkan oleh inti besi ( care loss / iron loss ).

Rumus Transformator

Berikut dibawah ini adalah rumus dari perhitungan transformator:

Dari rumus tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

Ip: kuat arus primer (A)

Is: kuat arus sekunder (A)

Np: jumlah lilitan primer

Ns: jumlah lilitan seknder

Vp: tegangan primer (volt)

Vs: tegangan sekunder (volt)

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan rumus transformator, semoga bagi kita yang telah membacanya dapat menambah pemahamannya terkait dengan materi tersebut.

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis Gelombang

Updated: Februari 18, 2019 — 4:46 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme