Pengertian SOP Adalah

Pengertian SOP Adalah – Ketika diterima sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau sejenisnya, hal pertama yang menyapa Anda sebagai karyawan baru adalah SOP.

Pengertian SOP Adalah

Pengertian SOP Adalah

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan SOP?

SOP diibaratkan sebagai “undang-undang” dalam bekerja. Segala hal yang dilakukan nantinya dalam sebuah pekerjaan, akan dipandu oleh SOP tersebut.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan SOP itu? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai SOP, mari simak ulasan berikut yang akan mengulas pengertian SOP secara rinci.

Pengertian SOP Menurut Para Ahli

Pengertian SOP dijelaskan oleh para ahli seperti berikut ini.

  1. Insani

Insani menjelaskan pengertian SOP merupakan sebuah aturan tertulis yang dibuat sebagai suatu arahan dalam menyelenggarakan segala aktivitas dalam suatu pekerjaan. Adapun cakupan SOP meliputi cara, waktu, tempat, dan peran dalam melakukan pekerjaan.

  1. Sailendra

Sailendra mengungkapkan pengertian SOP sebagai panduan untuk mengoperasikan atau menjalankan pekerjaan demi menjaga kelancaran dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

  1. Tjipto Atmoko

Tjipto Atmoko menjelaskan pengertian SOP atau Standar Operasional Prosedur merupakan acuan atau pedoman dalam melaksanakan pekerjaan berdasarkan teknis, prosedur, dan administrasi berdasarkan lingkup pekerjaan yang diemban.

  1. Moekijat

Moekijat menjelaskan bahwa pengertian SOP adalah rangkaian teknis sebuah pekerjaan yang meliputi bagaimana, di mana, dan siapa yang melakoni pekerjaan tersebut.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat dipahami bahwa SOP merupakan singkatan dari Standar Operasional Prosedur di mana SOP sendiri merupakan dokumen atau aturan tertulis yang harus dipatuhi dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Lebih jelas lagi, SOP adalah prosedur yang tertulis secara kronologis dan berisi tentang tujuan pekerjaan demi mendapatkan hasil yang efektif.

SOP dapat direvisi, ditulis berdasarkan prosedur terkait, mengandung manfaat, dan memiliki bagian akhir berupa evaluasi.

SOP dibuat dengan tujuan agar para pekerja selalu bekerja dengan konsisten berkat adanya panduan pelaksanaan pekerjaan.

Lebih lagi, SOP dapat menghindari terjadinya keraguan, kesalahan, konflik, dan lain sebagainya. SOP juga dijadikan sebagai alat ukur atau penilaian terhadap suatu pekerjaan, sehingga dapat menghindari adanya kesalahan administrasi atau mal praktik.

Updated: Agustus 18, 2019 — 8:26 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme