Pengertian Software Engineering

Pengertian Software Engineering – Software engineering atau biasa dikenal dengan Rekayasa Perangkat Lunak, merupakan suatu proses penerapan prinsip dan teknik pengembangan sebuah perangkat lunak.

Pengertian Software Engineering

Pengertian Software Engineering

Software engineerin ini mencakup  proses mendesain, membangun, menguji suatu aplikasi tertentu melalui penggunaan Bahasa pemrograman.

Baca Juga : Cara Promosi Online di Internet

Biasanya software engineering ini banyak digunakan untuk kebutuhan sebuah bisnis atau organisasi yang sifatnya besar dan kompleks.

Fungsi dari software engineering ini tidak hanya sebatas mengidentifikasi suatu permasalahan yang mungkin ditimbulkan dari suatu sistem, namun lebih dari itu, terkait seluk beluk sebuah perangkat lunak agar dapat bekerja sebagaimana sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

Software engineering ini merupakan bagian dari ilmu computer yang khusus atau fokus terkait pengembangan dan pembangunan perangkat lunak sistem computer maupun perangkat lunak suatu aplikasi.

Software engineering tidak hanya fokus membuat suatu perangkat lunak namun juga segala aspek yang berkaitan dengan perangkat lunak tersebut sepertihalnya program bagi para penggunanya, proses transisi dari suatu platform ke platform lainnya, bagaimana kemampuan adaptasi software tersebut bila dipadukan dengan perangkat atau platform lainnya.

Selain membangun dan merancang suatu perangkat lunak, software engineering juga memikirkan perihal pemeliharaan perangkat lunak tersebut. Apakah akan terdapat pembaharuan terbaru (update) dan lain sebagainya.

Perbedaan dengan hardware engineering adalah untuk software engineering, sebuah elemen perangkat lunak itu bukan dibentuk atau dibuat seperti halnya perangkat keras yang dibuat di pabrik-pabrik, melainkan elemen perangkat lunak tersebut dikembangkan. Sifat elemen perangkat lunak bukan perangkat yang aus namun juga dapat rusak, dan dikembangkan dengan sistem logika bukan sistem fisik layaknya hardware.

Sehingga software engineering secara luas adalah ilmu yang membahas segala aspek dalam memproduksi sebuah perangkat lunak, dari mulai awal menganalisa kebutuhan para usernya, merancang dan membangun sebuah aplikasi atau software yang spesifikasinya dapat memenuhi kebutuhan user, melakukan coding dengan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman, melakukan uji aplikasi disemua platform hingga melakukan proses pemeliharaan sistem perangkat lunak tersebut setelah digunakan.

Memastikan agar perangkat lunak tersebut dapat terus terupdate, dan dapat terus digunakan serta banyak memfasilitasi segala kebutuhan para penggunanya.

Baca Juga : Ciri Backlink Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme