Pengertian Sistem Tata Surya

Pengertian Sistem Tata Surya – Apakah kamu menyadari bahwa sebagai bagian dari alam semesta, kita hidup di dalam sistem tata surya? Namun, apa sih sebenarnya sistem tata surya itu?

Sistem tata surya adalah berbagai macam benda langit dengan matahari sebagai pusatnya. Sebagai sebuah sistem, semua benda di langit tersebut merupakan elemen-elemen yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Salah satu hubungan yang terjalin diantara elemen-elemen tersebut adalah putaran yang dilakukan para anggota tata surya sebagai bagian dari sistem, terhadap matahari sebagai pusat dari tata surya.

Benda-benda langit yang menjadi bagian dari anggota tata surya adalah:

Matahari

Dikarenakan kemampuannya untuk memancarkan sinar sendiri, matahari termasuk dalam bintang. Matahari merupakan bintang terdekat dari bumi dengan diameter 1,4×106 Km dan suhu 6000K. Selain sebagai pusat tata surya, matahari juga merupakan sumber energi utama bagi bumi sehingga memungkinkan terjadinya berbagai proses biologis dan fisiologis di bumi.

Planet

Menurut International Astronomical Union, planet merupakan benda langit yang berputar mengelilingi matahari dengan orbit yang terbebas dari keberadaan benda langit lainnya dan memiliki bentuk fisik cenderung bulat. Planet-planet yang merupakan bagian dari system tata surya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet-kerdil

Planet-kerdil memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan planet, hanya saja orbitnya masih belum bersih dari benda langit lainnya.

Satelit

Satelit merupakan benda langit yang mengelilingi planet. Terdapat dua jenis satelit, yaitu:

  1. Satelit alam, merupakan satelit yang terbentuk dari peristiwa alam. Contoh satelit alam dari bumi adalah bulan.
  2. Satelit buatan, merupakan satelit yang dibentuk oleh manusia. Contoh satelit buatan dari bumi adalah Sputnik dan Explorer 1.
  3. Asteroid

Asteroid merupakan benda langit yang berada di antara Mars dan Yupiter.

Komet

Juga seringkali dikenal sebagai bintang berekor. Komet merupakan benda langit yang juga mengelilingi matahari dengan orbitnya yang berbentuk oval. Dalam perputarannya terhadap matahari, ekor komet selalu menjauhi matahari karena adanya tekanan dari matahari.

Nah, sekarang kita sudah lebih memahami dengan baik tentang tempat tinggal kita yang merupakan bagian dari sistem tata surya.

Baca Juga : Pengertian Antariksa

Updated: Maret 25, 2019 — 1:52 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme