Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

Pengertian Vitamin adalah senyawa kimia yang ada pada makhluk hidup, vitamin tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, vitamin juda dibutuhkan oleh tubuh sedikit tetapi diperlukan secara terus menurus oleh tubuh. Vitamin juga berguna untuk pertumbuhan sel tubuh , mengatur pengunaan makanan dalam bentuk energi, dan menperbaiki sel tubuh yang rusak.

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

Fungsi Vitamin

Vitamin banyak kita peroleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran, banyaknya vitamin juga memiliki fungsi masing-masing untuk tubuh, dan berikut ini fungsi vitamin antara lain:

1. mengatur zat  pada tubuh

  1. vitamin berfungsi untuk menguatkan fungsi gigi dan tulang tubuh
  2. vitamin banyak dibutuhkan oleh anak kecil untuk pertumbuhan mereka.

4. vitamin juga menjadi antibodi untuk tumbuh dalam melawan penyakit

5. vitamin mempercepatnya penyembuhan luka yang dialami oleh tubuh

6. melambatkan proses penuan yang dialami tubuh

7. menjaga tubuh tetap sehat dan menghilangkan rasa lelah yang dialami oleh tubuh.

Jenis-jenis vitamin:

Berikut ini beberapa macam dan jenis vitamin yang sudah kita ketahui dan dari mana saja vitamn ini berasal:

  • Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi sebagai  menjaga kesehatan mata dan sebagai  pertumbuhan tubuh, vitamin A juga bergunaan dalam bidang kecantikan karena  vitamin A menjaga kulit tetap  halus dan tidak berkerut. Vitamin A banyak terdapat pada wortel, avokad dan semangka.

  • Vitamin B 1 (Tiamin)

Vitamin  B 1 paada tubuh memiliki perang yang cukup penting bagi tubuh. Vitamin b 1 memiliki peran sebagai  mengatur fungsi percernaan pada tubuh dan mengatur saraf serta menambah nafsu makan.

Vitamin B 1 bersumber pada makan yang memilik kulit ari contohnya gandum, kacang-kacangan, kecambah dan ragi. Banyak penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan vitamin B 1 yaitu akan mengalami gangguan saraf, susah dalam percernaan, mudah lelah dan serta penyakit beri-beri

  • Vitamin B 2( Riboflavin)

Vitamin B berperan dalam  dalam metabolisme pada tubuh, pertumbuhan kuku dan pertumbuhan pada rambut. Sumber vitamin B pada makanan berupa kacang-kacangan, telur dan ragi.

  • Vitamin C

Vitamin C berperan dalam mengatasi penyakit pada tubuh dan infeksi pada tubuh serta alergi. Vitamin C memiliki sumber dari tomat, jeruk dan sayuran yang segar.

Baca Juga : Cara Mengobati Nyeri Panggul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme