Pengertian OPEC

Pengertian OPEC – Organization of the Petroleum Exporting Countries atau yang biasa disingkat OPEC adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak yang dibentuk dengan tujuan untuk menegosiasi masalah-masalah terkait minyak bumi baik dari sisi produksi, harga, hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.

Pengertian OPEC

Pengertian OPEC

Organisasi OPEC didirikan pada 14 september 1961 di Irak oleh 5 anggota negara yaitu Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi dan Venezuela. Markas OPEC pada awal berdirinya berada di Jenewa, namun saat ini sudah pindah ke Wina, Austria. Di awal terbentuknya OPEC, disepakati bahwa OPEC memiliki tujuan untuk menjaga kestabilan harga-harga minyak internasional bagi kepentingan anggota-anggotanya.

OPEC didirikan pertama kali atas prakarsa Venezuela dengan mendekati negara-negara arab penghasil minyak. Tujuan awalnya yaitu untuk mempertahankan harga minyak dan menentang aksi penurunan harga minyak yang dilakukan secara sepihak oleh perusahaan-perusahaan minyak besar yang biasa disebut dengan The Seven Mayor yaitu Exxon, Texaco, Socal, Gulf, British Petroleum dan Shell.

Perusahaan-perusahan minyak besar ini sebagian besar berasal dari negara-negara maju di benua Amerika dan benua Eropa.

Organisasi OPEC ini berupaya untuk menentukan harga dan jumlah produksi minyak bumi yang dipasarkan dunia. Secara umum, tujuan didirikannya OPEC adalah:

  1. Menyatukan kebijakan terkait perminyakan antara negara-negara anggota yang tergabung.
  2. Memenuhi kebutuhan dunia akan minyak bumi.
  3. Menjaga kestabilan harga minyak dunia.
  4. Menentukan berbagai kebijakan terkait minyak demi melindungi kepentingan para anggotanya.
  5. Mempertahankan harga minyak dunia dan menolak terjadinya penurunan harga sebagaimana diusulkan oleh perusahaan-perusahaan misalnya The Seven Mayor.

Indonesia sendiri pernah bergabung menjadi anggota OPEC pada tahun 1962, namun di Mei 2008 Indonesia mengajukan surat untuk keluar dari OPEC dikarenakan Indonesia tidak mampu memenuhi kuota produksi yang telah ditetapkan organisasi dan telah menjadi negara pengimpor minyak sejak 2003. Namun pernah kembali menjadi anggota resmi OPEC lagi di tahun 2014 sejak terpilihnya Presiden Joko Widodo.

Namun di tahun 2016, Indonesia resmi mengundurkan diri kembali dari OPEC yang diakibatkan oleh kebijakan organisasi yang menurunkan produksi minyak Indonesia sebesar 37 ribu barel per harinya sebagai dasar untuk menghentikan penurunan harga minyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme