Pengertian Giro

Pengertian Giro – Pernahkan Anda menggunakan giro? Dan sudahkah Anda mengetahui pengertian dari giro itu sendiri? Mari simak pengertian giro berikut ini jika Anda masih asing dengan jenis simpanan pada bank ini.

Giro merupakan salah satu cara pembayaran melalui bank berupa simpanan jangka pendek yang mana dimanfaatkan oleh bank terkait untuk menghimpun dana dari pihak ketiga.

Adapun system pembayarannya ialah pihak pembayar memberikan giro kepada pihak bank kemudian bank tersebut menransferkan dana kepada bank pihak penerima dan langsung masuk ke akun mereka. Pembayaran melalui giro ini dapat digunakan oleh beragam pihak, dari perorangan, badan usaha, perbankan, hingga lembaga keuangan.

Berbeda dengan tabungan, simpanan giro ini lebih dinamis dan fluktuatif. Karena jumlah simpanan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu inilah, giro dapat dikatakan sebagai sumber dana jangka pendek bagi pihak bank. Sedangkan untuk suku bunga, giro memiliki suku bunga yang relative rendah dibandingkan dengan deposito dan tabungan.

Apabila Anda ingin menggunakan fasilitas giro sebagai salah satu cara pembayaran Anda, maka Anda akan mengenal yang namanya Bilyet Giro.

Bilyet Giro ini merupakan surat berharga di mana orang yang diberi giro tersebut tidak dapat menguangkannya tetapi harus terlebih dahulu disetorkan ke rekeningnya.

Keuntungan dari giro ini ialah, pemilik rekening giro tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar dan simpanannya dapat ditarik setiap waktu. Hal ini berbeda dengan deposito berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sedangan pada giro, nasabah dapat mencairkan dana miliknya kapan pun mereka membutuhkan uang tunai.

Selain itu, proses administrasi pada simpanan giro ini juga dapat dilakukan dengan baik karena nasabah akan mendapatkan rekening koran tiap bulannya.

Rekening koran dalam istilah giro ini merupakan laporan transaksi yang dilakukan pihak bank terhadap rekening giro tersebut, seperti informasi saldo kas, mutasi debet, dan mutasi kredit. Karena itulah, dapat dibilang fungsi dari rekening koran dalam giro ini sama dengan buku tabungan pada rekening tabungan.

Updated: Januari 22, 2019 — 4:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme