Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sumber Karbohidrat

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sumber Karbohidrat – Yang dimaksud dengan Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama untuk kebutuhan tubuh yang memiliki komposisi terdiri dari unsur – unsur Carbon / C, Hidrogen / H, dan Oksigen / O.

Karbohidrat secara garis besar dimanfaatkan sebagai cadangan makanan, bahan bakar, serta materi untuk membangun energi dari mahkluk hidup.

Karbohidrat diketahui sebagai salah satu senyawa organik yang mudah ditemukan di Bumi, dimana Karbohidrat ada pada beragam sumber makanan yang mudah diperoleh terutama dari tumbuh – tumbuhan.

Salah satu sumber utama Karbohidrat yang hingga saat ini dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pokok makanan oleh masyarakat di Indonesia adalah beras atau nasi.

Berbeda halnya dengan hewan dan manusia yang pemenuhan keperluan Karbohidratnya dengan cara mengonsumsinya maka tumbuh – tumbuhan memperoleh Karbohidrat dengan jalan proses fotosintesis.

Dimana hasil Karbohidrat terhadap kegiatan fotosintesis nantinya akan dikumpulkan ke dalam bentuk buah – buahan, umbi, ataupun bunga (ini semua nantinya akan dikonsumsi oleh hewan dan manusia sebagai salah satu sumber Karbohidrat baru).

Fungsi – Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

  1. Sebagai salah satu sumber energi.
  2. Sebagai stabilisator terhadap zat asam dan basa.
  3. Sebagai penyedap kalsium.
  4. Sebagai media untuk membantu dalam proses pencernaan.

Jenis – Jenis Karbohidrat (Monosakarida)

1. Jenis Glukosa

Dinamakan juga dengan istilah ‘Dekstrosa’ yaitu Glukosa di alam bebas yang banyak terdapat dalam sayur segar, buah, sirup Jagung, sari pepohonan, dan sebagai campuran bahan ‘fruktosa’ yang beradu di dalamnya dengan madu, maka Glukosa bermanfaat untuk media diet tinggi sebagai salah satu sumber energi.

2.Jenis Fruktosa

Jenis ini adalah termasuk ke dalam kelompok gula termanis yang pernah dikenal. Fruktosa secara garis besar terdapat di dalam madu cair, daging buah, bunga, nektar, dan sayuran segar. Hampir sepertiga dari gula madu memiliki bagian fruktosa. Juga banyak terkandung di dalam sirup Jagung manis yang bermanfaat guna memproses pembuatan ragam minuman ringan yang saat ini banyak dijual di toko – toko makanan / minuman.

3. Jenis Galaktosa

Lain halnya dengan glukosa atau fruktosa yang dengan mudah bisa dijumpai secara bebas di alam, galaktosa bisa dijumpai hanya di dalam tubuh saja sebagai salah satu hasil pencernaan dari laktosa.

4. Disakarida

Di dalam jenis Karbohidrat yang satu ini memiliki empat macam yang masing – masing adalah sukrosa atau sakarosa, maltose, laktosa dan trehalosa.

Sukrosa atau sakarosa adalah dikenal juga dengan nama gula tebu atau gula bit. Gula yang dihasilkan dari tebu disebut dengan nama gula pasir yang mengandung sekitar 99 persen sukrosa terbuat dari kedua macam bahan makanan yang dimaksud, juga banyak terkandung di dalam buah, sayur, dan madu.

Yang dimaksud dengan maltosa adalah terbentuk dalam masing – masing pati seperti pada tumbuh – tumbuhan berkecambah, atau di dalam usus manusia terjadi ketika ada proses pencernaan pati. Maltosa selanjutnya akan pecah menjadi 2 unit terhadap glukosa.

Sedangkan yang dimaksud dengan laktosa / gula susu adalah hanya terdapat di bagian susu yang terdiri atas satu unit glukosa dan galaktosa. Laktosa merupakan gula yang mempunyai rasa kurang manis dan sangat susah untuk dilarutkan jika dibandingkan dengan jenis sakarida yang lainnya.

Sedangkan trehalosa adalah dikenal sebagai gula jamur karena sebanyak 15 persen bagian di dalamnya sudah dalam kondisi kering dari jamur trehalosa dimana tempat ini sangat disukai oleh serangga.

5. Oligosakarida

Bagian ini terdiri atas 2 hingga 10 ‘polimer monosakarida’ yang dengan mudah bisa dijumpai pada biji tumbuh – tumbuhan dan kacang – kacangan.

Sumber Dari Karbohidrat Bagi Manusia

Karbohidrat pada umumnya diperoleh dari beberapa bahan makanan contohnya adalah telur, biji – bijian, kentang, gandum, kacang – kacangan, buah, susu, Jagung, Singkong, Beras dan lain sebagainya.

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian, fungsi, jenis dan sumber Karbohidrat untuk dapat menyumbang wawasan dan semoga saja bermanfaat !

Updated: Februari 12, 2019 — 4:05 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme