Pengertian Food And Beverage

Pengertian Food And Beverage – ‘Food and Beverage’ berhubungan dengan penyusunan menu satu set yang merupakan ‘complete meal’ atau sajian / hidangan lengkap dengan penilaian harga dihitung per satu harga item.

Nah dengan penyusunan menu makanan seperti tersebut di atas diharapkan tamu tidak bisa dengan leluasa melakukan pemilihan makanan / minuman sesuai dengan selera mereka masing – masing, melainkan terbatas kepada menu – menu spesial yang sudah disusun sebelumnya oleh tempat makan dimana tamu akan diajak ke sana buat beristirahat untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam.

Meskipun terlihat sangat standar dan baku, agar pemesan tidak kecewa, seringkali sajian yang dihidangkan tersedia dalam jumlah dan jenis terbatas saja. Misalnya adalah hanya disediakan 2 macam sop pilihan yang wajib dipilih salah satunya. Sedangkan harga yang dibayar oleh pemesan adalah disesuaikan dengan harga – harga tercantum di dalam daftar menu meskipun pemesan tidak menyantap semua hidangan.

Masing – masing hidangan sebelumnya sudah selesai dimasak oleh koki – koki pilihan. Misalnya saja dalam paket skala kecil sajian Nusantara adalah sajian berupa Rujak difungsikan sebagai salah satu menu ‘appetizer’, soupnya adalah Soto Madura, sedangkan ‘main course’ terdiri dari Semur Daging, Nasi Putih, Urap Sayur, Kerupuk Udang dan Sambal serta Kolak Pisang sebagai sajian penutup.

Sedangkan untuk menu penjamuan khusus / ‘special event menu’ adalah menu – menu yang disajikan khusus untuk kesempatan yang bersifat formal, misalnya acara pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara pembukaan sebuah perusahaan atau selamatan.

Berikut di bawah ini kami berikan sebuah contoh menu yaitu pada acara Pesta Koktail / ‘Cocktail Party’ :

Merupakan sebuah pesta berdiri / ‘Starding Party’ dimana menu – menu makanan yang dihidangkan adalah terdiri dari makanan / minuman yang mudah untuk ditata dan dihidangkan, yang pelaksanaannya sambil berdiri misalnya dari bagian minuman dihidangkan dalam gelas – gelas kecil / mungil.

Perayaan Pesta Koktail pada umumnya mengambil waktu antara jam makan siang dan makan malam, dimana peserta undangan dibuat untuk beberapa alasan tertentu seperti peresmian dan pembukaan gedung baru, peresmian dan pembukaan kantor – kantor cabang, konferensi pers, acara yang berhubungan dengan kegiatan olah raga atau politik, pameran dan yang lainnya.

Baca Juga :

Makanan yang disediakan harus sesuai dengan bentuk – bentuk perayaan itu sendiri yaitu berupa makanan / minuman yang ringan – ringan saja berupa kue – kue kecil bersifat basah atau kering, ada emping, kacang canapé, irisan sandwich, relish, currypuffe, chips, fritters dan lain – lainnya. Tersedia juga makanan yang kecil – kecil lainnya dingin maupun dalam kondisi panas.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang ruang lingkup dan pengertian dari Food and Beverage, semoga bermanfaat !

Updated: November 23, 2018 — 7:54 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme