Pengertian Firewall

Pengertian Firewall – Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari firewall.

Firewall ini sebenarnya adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur jaringan privat anda dari pihak luar. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini :

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall

Firewall adalah fitur keamanan dari windows yang dirancang untuk melindungi dan mencegah akses yang tidak diinginkan dari pihak luar ke dalam jaringan private anda. Gampangnya, firewall adalah sebuah dinding penghalang yang membatasi jaringan private dengan jaringan publik.

Firewall memungkinkan pengecekan keamanan terhadap suatu data yang masuk ke jaringan privat, menentukan nasib dari data tersebut, mengizinkan data tersebut untuk diolah/masuk atau bisa juga menentukan penolakan pada data yang masuk tersebut.

Di balik fungsi tersebut, firewall juga memiliki permasalahan seperti terganggunya bahkan terbloknya sebuah koneksi antar user atau yang biasa disebut LAN. Jika mengalami kendala tersebut, maka disarankan untuk menonaktifkan firewall.

Fungsi Firewall

Adapun fungsi dari firewall adalah sebagai berikut :

  • Mengontrol jaringan koneksi dan aksesbilitas seperti VPN
  • Mengidentifikasi dan mengautentifikasi sumber dari data yang dikirimkan kepada suatu user yang tujuannya adalah untuk menghindari jaringan dari user lain yang tidak dikenali masuk ke dalam jaringan privat yang kita miliki.
  • Melakukan sebuah proteksi sumber daya terhadap jaringan private suatu user
  • Membuat catatan history atau riwayat, baik berupa penggunaan atau pengiriman data kepada suatu objek
  • Mengontrol arus paket data yang tujuannya untuk mengizinkan suatu jaringan masuk ke jaringan private kita dengan melakukan filtering dan melalui inspeksi serta memantau data dari jaringan sumber
  • Melakukan pelaporan kepada suatu administrator

Karakteristik Firewall

Firewall setidaknya harus memiliki minimal 3 karakteristik sebagai berikut, yakni:

  1. Firewall hendaknya kuat dan dapat melindungi jaringan suatu user dari berbagai serangan dengan melakukan koneksi jaringan dari host yang memang terpercaya dan juga aman.
  2. Firewall harus dapat menjadi benteng keluar-masuknya aktifitas dan lalu lintas transmisi data.
  3. Firewall dapat digunakan dan dilewati melalui sebuah lalu lintas yang telah didaftarkan dengan melakukan setting pada kebijakan akses keamanan local.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai pengertian dari firewall.

Sampai bertemu di artikel yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme