Pengertian Desentralisasi yang Lengkap

Pengertian Desentralisasi – Lancarnya proses pemerintahan ditentukan oleh sinergi wewenang antar unsurnya. Baik yang berada di daerah maupun di pusat.

Pengertian Desentralisasi yang Lengkap

Pengertian Desentralisasi yang Lengkap

Sebaliknya, jika kerjasama ini tidak terbangun dengan baik, sistem pemerintahan akan mandeg. Karena kebutuhan sinergi inilah, muncul istilah desentralisasi.

Sebuah etimologi yang makna sederhananya adalah pembagian wewenang. Artinya desentralisasi adalah salah satu konsep peralihan wewenang pemerintahan.

Pengertian Desentralisasi

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian desentralisasi. Sebuah kupasan lengkap mengenai definisi umum, khusus dan pendapat para ahli tentangnya.

Pengertian Umum

Umumnya, desentralisasi identik dengan istilah keorganisasian. Hanya karena lumrah digunakan dalam pengaturan wewenang dalam negara, maka desentralisasi juga dikaitkan dengan sistem pemerintahan. Karena alasan inilah, desentralisasi mampu mengubah lalu lintas politik pemerintahan menjadi instrumen meningkatkan kelancaran bernegara.

Menurut argumentasi di atas, desentralisasi bersinonim dengan otonomi daerah. Karena menurut konsep ini, segala pengaturan daerah dibebankan wewenangnya kepada pemerintah daerah yang bersangkutan tanpa bantuan pemerintah pusat.

Pengertian Khusus

Pengertian desentralisasi menurut pengertian khusus adalah kebijakan pemerintah pusat menyerahkan segala wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengelola daerahnya secara mandiri. Tentunya dengan melibatkan masyarakat sebagai inspirator dan aspirator.

Bisa juga desentralisasi diartikan sebagai pelimpahan urusan pemerintah pusat kepada Pemda yang berupa tanggung jawab secara total terhadap daerah yang menjadi cakupan pemerintahannya.

Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli

1. Henry Maddick

Menurut Henry Maddick, desentralisasi adalah penyerahan kekuasaan secara legal hukum yang berupa fungsi-fungsi tertentu kepada kepala daerah untuk menjalankannya secara otonom.

2. Nellis

Menurut Nellis desentralisasi adalah penguatan moneter dan hukum yang tergolong unit pemerintahan subnasional yang wewenangnya tidak berada pada pemerintah pusat.

3. Rondinelli

Sedangkan menurut Rondinelli, desentralisasi ialah penyerahan tugas administrasi dan manajemen dari pemerintahan pusat kepada pemerintah daerah dengan sistem semi otonom.

Itulah beberapa pengertian desentralisasi yang harus diketahui. Dari pengertian di atas, bisa ditarik kesimpulan, pengertian desentralisasi adalah konsep pemerintahan dalam bentuk peralihan wewenang dari pusat ke daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme