Pengertian dan Proses RNA

Pengertian dan Proses RNA – RNA adalah molekul primer yang memiliki peran peran penting dalam proses sintesis protein. RNA terbagi menjadi 2 macam yaitu RNA genetik dan RNA non-genetik.

RNA genetik merupakan RNA yang memiliki fungsi sama dengan DNA yaitu untuk membawa kode genetik makhluk hidup. RNA genetik ini umumnya ditemukan pada makhluk hidup yang tidak memiliki DNA. Sebaliknya, RNA non-genetik tidak membawa kode genetik makhluk hidup.

RNA non-genetik kemudian dibagi menjadi 3 jenis yaitu mRNA, tRNA, dan rRNA. Ketiga jenis RNA non-genetik ini memiliki peranan penting dalam proses sintesis protein. mRNA (messenger RNA) berfungsi untuk membawa kode genetik dari DNA menuju ribosom.

Proses mRNA membawa kode genetik dari DNA menuju ribosom ini merupakan salah satu langkah awal dari proses sintesis protein. DNA dan RNA yang sama-sama berada di nukleus, kemudian terpisah karena RNA membawa kode genetik yang sudah diterima dari DNA menuju ribosom.

Di dalam ribosom sendiri telah terdapat tRNA (transfer RNA). Tugas tRNA adalah untuk mengikat asam amino yang terdapat di sitoplasma dan membawanya ke dalam ribsosom. Jadi, di dalam ribosom sendiri telah ada asam amino yang diikat dan dibawa oleh tRNA dari sitoplasma.

Proses RNA selanjutnya dalam sintesis protein adalah pemasangan kode genetik yang dibawa oleh mRNA dengan asam amino yang telah diikat oleh tRNA oleh rRNA (ribosom RNA).

Pencocokan akan dilakukan sesuai dengan kode yang dibawa oleh mRNA dan hanya akan berhenti apabila terdapat kode genetik yang menginstruksikan agar proses tersebut berhenti. Kode genetik tersebut dinamai antikodon dan berfungsi untuk memberitahukan proses agar berhenti untuk menandakan pembuatan protein sudah selesai. rRNA sendiri merupakan jenis RNA terbanyak yang jumlahnya mencapai 80% dari total jumlah RNA yang ada.

Dari proses yang telah dijabarkan di atas, secara tidak langsung proses tersebut adalah proses sintesis protein. Proses tersebut dapat sama dikarenakan fungsi utama RNA yang memang dikhususkan untuk menjalankan dan mengatur proses sintesis protein sehingga dapat membuat sel baru dengan kode genetik yang sama dengan sel sebelumnya.

Baca Juga : Pengertian RNA

Updated: Februari 3, 2019 — 2:54 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme