Pengertian Dan Proses Glikolisis Aerobik

Pengertian Dan Proses Glikolisis Aerobik – Pengertian Glikolisis Aerobik adalah langkah awal yang terdiri dari 3 tahapan untuk membentuk ‘Respirasi Selular Aerobik’.

Respirasi Selular Aerobik dalam hal ini merupakan sebuah proses yang terjadi dan berlangsung di dalam tubuh terdiri atas sel – sel yang berfungsi untuk melepaskan energi yang selama ini tersimpan di dalam ‘Molekul Glukosa’.

Dikenal 2 bentuk Respirasi Selular yang dikenal selama ini terkait dengan bidang Ilmu Fisika, Kimia, dan Biologi yaitu ‘Aerobik’ dan ‘Anaerobik’ yang mengandung arti memerlukan oksigen dan tak membutuhkan oksigen.

Glikolisis Aerobik secara ‘harfiah’ mengandung makna adalah suatu rangkaian proses yang membutuhkan oksigen guna menurunkan atau memecah Glukosa ke dalam bagian – bagian terkecil. Masing – masing organisme hidup di permukaan Bumi ini sangat memerlukan energi guna bertahan hidup.

Energi – energi yang diterima adalah melalui makanan / minuman, bagi tanaman termasuk di dalamnya adalah energi yang ditangkap berasal dari sinar Matahari.

Nah dari penjelasan kami tersebut di atas, apapun bentuk – bentuk makanan yang diambil oleh masing – masing organisme, pada waktunya nanti akan diubah menjadi zat Karbohidrat dan Glukosa secara khusus.

Selama proses Respirasi Sel berjalan normal maka Glukosa akan dengan mudah diubah menjadi Karbondioksida dan air dengan beberapa sumber energi akan dilepaskan ke dalam sel – sel tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan kondisi memecah Glukosa adalah bagian dari ‘Reaksi Oksidasi’ sehingga oksigen yang diperlukan untuk memperlancar proses akan bergerak dengan lancar.

Pengertian Glikolisis Aerobik Lebih Lanjut

Selama proses Glikolisis Aerobik berjalan dengan lancar, dua jenis molekul ATP akan dimanfaatkan untuk mempersiapkan Molekul Glukosa yang memiliki sifat cukup relatif.

Di dalamnya akan terhubung dengan ‘Molekul Glukosa Terfosforilasi’ yaitu ‘Molekul Fosfat’ yang akan ditambahkan ke dalam ‘Molekul Glukosa’ dari molekul ATP. Setelah proses tersebut selesai yaitu Glukosa sudah mengalami proses Terfosforilasi, masing – masing akan terbagi dari Molekul Gula 6 menjadi 2 ke 3 Molekul Gula Karbon.

‘Atom Hidrogen’ akan dihilangkan dari yang dihasilkan oleh 3 Karbon Gula dan 2 Fosfat juga turut hilang dari masing – masing proses yang sedang terjadi, selanjutnya akan membentuk 4 molekul ATP baru. Zat berupa Glukosa akan melalui semua tahapan / langkah – langkah tersebut di atas, hasil akhir adalah 2 ke 3 ‘Molekul Piruvat Karbon’ beserta 2 Molekul Air dan 2 molekul ATP.

Energi yang akan dilepaskan dari rangkaian Respirasi Sel tidak terjadi secara sekaligus. Namun tidak semua energi dilepaskan melalui masing – masing dari ketiga tahapan utama tersebut di atas.

Ketika energi mulai dilepaskan dari Molekul Glukosa, masing – masing bagian ini tak mudah untuk dirilis sebagai energi bebas. Adapun energi yang akan disimpan di dalam ‘Adenosin Trifosfat Molekul / ATP’ merupakan molekul penyimpan energi yang berusia jangka pendek dan sangat mudah untuk diangkut dalam dan atau diantara sel – sel.

Demikian kami menjelaskan secara ringkas tentang pengertian dan proses Glikolisis Aerobik, semoga mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh pembaca yang baik hati.

Updated: Januari 11, 2019 — 3:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme