Pengertian dan Perkembangan Struktur DNA

Pengertian dan Perkembangan Struktur DNA – Mendengar Pengertian DNA tentu membuat kita tidak asing karena sudah sering diajarkan di sekolah.

Pengertian dan Perkembangan Struktur DNA

Pengertian dan Perkembangan Struktur DNA

Setiap makhluk hidup sudah tentu memiliki DNA yang biasanya kita dapatkan di pelajaran IPA atau Biologi tentang kromosom. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribonucleic Acid atau secara ilmiah disebut sebagai senyawa polinukleat yang di dalamnya terdiri dari asam nukleat maupun nukleotida.

DNA juga ada yang menyebutnya sebagai serangkaian gula yang berbentuk rantai nukleutida panjang. Di dalam rantai tersebut terdapat basa niterogen dan juga gula pantose yang berbeda-beda untuk setiap makhluk hidup. Artinya, DNA setiap makhluk memiliki struktur yang berbeda.

Baca Juga :

Perkembangan Struktur DNA

Penelitian DNA sudah dilakukan sejak dahulu, ditambah lagi dengan teknologi yang semakin berkembang sehingga semakin memudahkan para ahli untuk melakuka penelitian terhadap DNA. Perlu Anda tahu bahwa DNA tersusun dari:

  • Gula Pantose atau Deoxyribosa yang termasuk basa niterogen dan di dalamnya terdiri guanine yang termasuk golongan purin (G), adenine (A), thymine (T) yang termasuk golongan pirimidin, serta cytosine (C).
  • Gugus fosfat, yang mana pada molekul-molekuk DNA tersebut membentuk golongan basa niterogen yang kemudian terbagi menjadi dua. Pembagian tersebut berupa pirimidin dan basa purin. Hal ini membuat terbentuknya nukleosida yang berperan sebagai precursor elementer sebagai pembentuk sintesis DNA.
  • Jumlah basa niterogen yang ada pada setiap makhluk hidup tidak sama. Akan tetapi, di dalam molekul DNA, jumlah Guanine dan juga Sitosin akan selalu sama. Hal ini senada dengan Adenine dan Timin yang juga akan selalu sama. Setiap pasangan tersebut nantinya akan diikat oleh hidrogen, yang mana Adenine dan Timin akan mengikat dua hidrogen atau A=T. Sementara Sitosin Guanine nanti akan mengikat 3 hidrogen atau C=T.

Fungsi DNA

Di bawah ini beberapa fungsi dari DNA, yaitu:

  • Sebagai DNA fingerprint
  • Sebagai pembawa informasi genetik
  • Berperan di dalam pewarisan sifat
  • Digunakan untuk memprediksi kecacatan yang terjadi pada janin
  • Berperan untuk mengekspresi informasi yang ada pada genetik

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme