Pengertian Dan Manfaat ‘Aqidah’

Pengertian Dan Manfaat ‘Aqidah’ – Pengertian aqidah adalah salah satu ilmu pengetahuan alam yang erat hubungannya dalam hal memahami ragam perkara – perkara yang berkaitan dengan keyakinan terhadap keberadaan Allah Swt. dengan disertai sifat – sifat kesempurnaan-Nya.

Aqidah yang dianggap benar adalah aqidah yang dijalankan berdasarkan atas isi dari Al – Qur’an dan dibantu oleh As – Sunnah. Di Indonesia, umat Muslim wajib mendalami dan mempelajari ilmu – ilmu terkait dengan aqidah agar mampu menguasai diri serta menghindari perkara – perkara yang berakibat / membawa anda kepada penyelewengan aqidah kepada Allah Swt.

Pengertian Tambahan Dari Aqidah Secara Istilah / Terminologi

Pengertian Akidah menurut istilah / ‘terminologi’ adalah sebuah kepercayaan yang memiliki sifat pasti disertai dengan keputusan yang bersifat ‘muktamat’ tak bercampur dengan ‘syak’ atau keraguan terhadap seseorang yang beraqidah sesuai dengan kebenaran atau sebaliknya.

Sedangkan pengertian aqidah Islam adalah sebuah aliran kepercayaan dan keyakinan terhadap keberadaan Allah dengan yakin terhadap hal – hal berikut ini yaitu sebagai berikut :

Imam kepada Allah, imam kepada malaikat, imam kepada kitab – kitab suci, imam kepada para rasul, imam kepada hari akhirat serta imam kepada qadar baik dan buruk.

Nah berdasarkan atas pengertian – pengertian di atas dapat ditarik sebuah rumusan tentang keberadaan aqidah sekarang ini adalah sebagai dasar – dasar pokok terhadap aliran kepercayaan atau keyakinan hati seorang Muslim yang memiliki sumber keyakinan yang cukup kuat dalam mengikat.

Mengenal Manfaat Aqidah Dalam Ajaran Islam

  1. Untuk membentuk individu – individu yang mendekati sempurna dalam berhubungan dengan sosial masyarakat dimana mereka masing – masing tinggal yang perduli dan peka, sehingga mampu membawa ke jenjang yang lebih besar yaitu negara yang makmur dan sejahtera.
  2. Untuk mampu mencapai kemerdekaan di dunia dan akhirat.
  3. Menjaga keseimbangan dan menerapkan pola hidup yang sehat jasmani dan rohani.
  4. Mampu berfikir dan bersikap positif.
  5. Bertemu dengan Allah Swt.

Aqidah juga memiliki fungsi hampir sama dengan manfaat tersebut di atas yaitu :

  1. Berfungsi sebagai pondasi untuk mempu mendirikan bangunan berlandaskan terhadap ajaran – ajaran Islam.
  2. Merupakan titil awal terhadap akhlak yang bersifat mulia.3/Masing – masing ibadah yang akan anda laksanakan apabila tanda adanya landasan aqidah maka ibadah anda tak akan diterima.

Demikian postingan kali ini kami ulas tentang pengertian dan manfaat aqidah bagi para pembaca yang baik hati, semoga bermanfaat !

Updated: Desember 10, 2018 — 6:15 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme