Pengertian Dan Jenis Prosedur

Pengertian Dan Jenis Prosedur – Ketika kita memiliki suatu benda baru biasanya pada kemasan tersebut tertera mengenai langkah – langkah yang perlu diikuti agar dapat menggunakan benda tersebut dengan seharusnya.

Hal inilah yang dinamakan prosedur. Tidak hanya untuk benda – benda tertentu, namun untuk kegiatan lainpun juga perlu untuk menggunakan suatu prosedur, agar dapat berjalan dengan terarah dan sistematis.

Sebut saja contohnya seperti prosedur penerimaan karyawan, prosedur penerimaan siswa baru, prosedur pengeluaran kebijakan, hingga prosedur penggunaan suatu mesin, dan lain sebagainya. Dengan adanya prosedur ini, maka pihak – pihak terkait akan mendapatkan manfaatnya tersendiri.

Agar kita dapat lebih memahami lebih jauh lagi terkait dengan prosedur, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian dan jenis prosedur:

Pengertian

Pengertian Prosedur yaitu suatu aturan yang berlaku dalam melakukan ataupun menjalankan tindakan demi mendapatkan hasil yang seharusnya, dalam bentuk langkah – langkah secara berurutan yang telah disepakati oleh pihak yang berwenang.

Jenis Prosedur

Berikut adalah beberapa jenis mengenai prosedur:

  1. Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan Prosedur yang perlu dilakukan oleh suatu pihak terkait dengan hanya mengikuti 2 sampai 3 langkah atau aksi saja.

  1. Teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan prosedur yang memiliki langkah ataupun aksi yang sangat banyak, sehingga orang yang melakukan prosedur tersebut merasa sulit untuk memahami dan rumit untuk menjalankannya.

  1. Teks prosedur protokol

Berkebalikan dari teks prosedur kompleks, bahwa teks prosedur protokol ini merupakan langkah ataupun aksi yang tidak terlalu banyak, sehingga orang yang melakukan prosedur tersebut merasa tidak terlalu sulit dalam memahaminya dan cukup mudah untuk menjalankannya.

Agar hidup lebih sistematis, terarah dan terstruktur, maka perlu dibuat prosedur detil yang terkait pada suatu benda / kegiatan oleh pihak-pihak yang berwenang. Hal ini akan membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya agar lebih efektif dan efisien.

Demikianlah penjelasan artikel ini mengenai pengertian dan jenis prosedur. Semoga bagi kita yang telah membaca dan memahaminya dapat menyebarkan manfaat bagi sesama J

Updated: Februari 11, 2019 — 3:53 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme