Pengertian Dan Jenis Motivasi

Pengertian Dan Jenis Motivasi – Kamu pernah engga sih punya suatu dorongan untuk mencapai suatu tujuan?. Kalau iya, berarti kamu memiliki motivasi.

Pengertian Dan Jenis Motivasi

Pengertian Dan Jenis Motivasi

Tapi sebenarnya apa sih pengertian dari motivasi itu sendiri?. Sebenarnya motivasi adalah suatu dorongan atau semangat yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu agar bisa mencapai tujuannya.

Atau motivasi juga bisa diartikan sebagai segala hal yang bisa menimbulkan dorongan atau semangat pada diri seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kata motivasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “motivation” yang memiliki arti “dorongan” atau “daya batin”. Dari situ kita bisa simpulkan bahwa motivasi adalah segala sesuatu yang dapat menggerakkan seseorang atau mendorong untuk bertindak melakukan suatu hal. Motivasi ini dimiliki setiap individu. Dengan adanya motivasi, maka kita akan lebih antusias untuk melakukan berbagai hal.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

  1. Weiner

Menurut Weiner, motivasi adalah suatu kondisi internal yang bisa membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorong individu untuk mencapai tujuannya, dan membuatnya tetap tertarik di kegiatan tersebut.

  1. Uno

Sedangkan menurut Uno, motivasi adalah suatu dorongan, baik dorongan eksternal maupun dorongan internal yang ada di dalam diri seseorang dan diindikasikan dengan adanya suatu hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, cita-cita dan harapan, penghormatan juga pengharapan.

  1. Henry Simamora

Motivasi merupakan sebuah fungsi dari harapan seseorang bahwa dengan suatu upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada saatnya akan membuahkan hasil yang diinginkan / dikehendaki.

  1. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurutnya motivasi adalah kondisi yang bisa membangkitkan, memelihara, dan mengarahkan perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja seseorang.

  1. R. Terry

Dan menurut G.R. Terry motivasi adalah merupakan sebuah keinginan yang ada di dalam diri seseorang dan bisa merangsang orang tersebut untuk melakukan berbagai tindakan.

Jenis-jenis Motivasi

Setelah kita mengetahui pengertian dari motivasi, maka kita akan mengetahui apa saja jenis-jenis motivasi secara umum. Yuk langsung aja kita simak.

  1. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik adalah suatu motivasi yang didasari oleh diri sendiri, bukan dipengaruhi oleh orang lain.

  1. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ini kebalikan dari motivasi intrinsik. Jadi motivasi ekstrinsik adalah suatu motivasi yang didasari dari luar diri sendiri atau dipengaruhi oleh orang lain.

Updated: Agustus 26, 2019 — 2:43 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme