Pengertian Dan Jenis Gelombang

  • Pengertian Gelombang

Secara umum gelombang adalah Sebuah getaran yang merambat baik itu melalui media perantara maupun tanpa media perantara.

Di alam ini banyak sekali terjadi gelombang. Contoh beberapa jenis sesuai sifat kemiripannya contohnya dapat dibagi dengan dasar berikut;

  • Berdasarkan arah rambat dan arah getar

Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang dapat dibagi menjadi dua.

  • Pertama,Gelombang Transversal yaitu  gelombang  yang  arah rambat tegak lurus pada arah getarnya.

Contohnya : gelombang air, tali dan cahaya.

  1. Kedua, Gelombang Longitudinal yaitu gelombang yang arah rambat dan arah getarnya sejajar.

Contohnya :  gelombang pegas dan bunyi

  1. Berdasarkan mediumnya

Berdasarkan mediumnya, gelombang juga dapat dibagi menjadi dua yaitu ;

  • gelombang mekanik

Gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan media dalam merambat.

Contohnya :  gelombang tali dan bunyi.

  • gelombang elektromagnetik

gelombang yang dapat merambat baik melalui medium ataupun vakum (tanpa medium).

Contohnya cahaya, gelombang radio dan sinar-X.c.

  1. Berdasarkan amplitudonya

Berdasarkan amplitudonya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu ;

  • Gelombang berjalan

Gelombang berjalan adalah gelombang yang memiliki amplitudo tetap.

  • Gelombang stasioner

Gelombang stasioner  disebut juga gelombang berdiri atau gelombang tegak, merupakan jenis gelombang yang bentuk gelombangnya tidak bergerak melalui medium, namun tetap diam.

Gelombang ini berlawanan dengan gelombang berjalan atau gelombang merambat, yang bentuk gelombangnya bergerak melalui medium dengan kelajuan gelombang. Gelombang diam dihasilkan bila suatu gelombang berjalan dipantulkan kembali sepanjang lintasannya sendiri.

  • Ciri dan karateristik gelombang
  1. Pemantulan (refleksi) adalah peristiwa pengembalian seluruh atau sebagian dari suatu berkas partikel atau gelombang bila berkas tersebut bertemu dengan bidang batas antara dua medium.

Suatu garis atau permukaan dalam medium dua atau tiga dimensi yang dilewati gelombang disebut muka gelombang. Muka gelombang ini merupakan tempat kedudukan titik-titik yang mengalamigangguan dengan fase yang sama, biasanya tegak lurus arah gelombang dan dapat mempunyai bentuk.

  1. Pembiasan (Refraksi) Perubahan arah gelombang saat gelombang masuk ke medium baru yang mengakibatkan gelombang bergerak dengan kelajuan yang berbeda disebut pembiasan. Pada pembiasan terjadi perubahan laju perambatan. Panjang gelombangnya bertambah atau berkurang sesuai denganperubahan kelajuannya, tetapi tidak ada perubahan frekuensi.
  2. Difraksi merupakan peristiwa penyebaran atau pembelokan gelombang pada saat gelombang tersebut melintas melalui bukaan atau mengelilingi ujung penghalang.

Besarnya difraksi bergantungpada ukuran penghalang dan panjang gelombang, seperti pada Gambar. Makin kecil panghalang dibandingkan panjang gelombang dari gelombang itu, makin besar pembelokannya.

  1. Interferensi Interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang memengaruhi suatu bagian medium yangsama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vektor gangguan-gangguan sesaat pada masing-masing gelombang merupakan penjelasan fenomena interferensi.Interferensi terjadi pada dua gelombang koheren, yaitu gelombang yang memiliki frekuensi danbeda fase sama. Pada gelombang tali, jika dua buah gelombang tali merambat berlawanan arah, saatbertemu keduanya melakukan interferensi. Setelah itu, masing-masing melanjutkan perjalanannyaseperti semula tanpa terpengaruh sedikit pun dengan peristiwa interferensi yang baru dialaminya.
  2. Dispersi adalah peristiwa penguraian sinar cahaya yang merupakan campuran beberapa panjanggelombang menjadi komponen-komponennya karena pembiasan. Dispersi terjadi akibat perbedaandeviasi untuk setiap panjang gelombang, yang disebabkan oleh perbedaan kelajuan masingmasinggelombang pada saat melewati medium pembias. Apabila sinar cahaya putih jatuh pada salah satusisi prisma, cahaya putih tersebut akan terurai menjadi komponen-komponennya dan spektrumlengkap cahaya tampak akan terlihat.
  3. Polarisasi merupakan proses pembatasan getaran vektor yang membentuk suatu gelombang transversal sehingga menjadi satu arah. Polarisasi hanya terjadi pada gelombang transversal saja dan tidak dapat terjadi pada gelombang longitudinal.
Updated: Januari 29, 2019 — 9:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme