Pengertian Dan Daur Hidup Lumut

  1. Pengertian Lumut

Yunani, bryon = lumut, phyton = tumbuhan. Tumbuhan ini adalah peralihan dari tumbuhan bertalus (belum miliki akar, batang, dan daun sejati) dan tumbuhan berkornus (sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati).

  1. Habitat dan Jenis Lumut

Tumbuhan lumut banyak ditemui di tempat yang lembab seperti pinggir pantai, tempat bersalju, kolam ikan atau tempat lembab lainnya. Tumbuhan ini sering disebut sebagai tumbuhan perintis dikarenakan kemampuannya sendiri yang dapat tumbuh di tempat dimana tumbuhan-tumbuhan lain tidak tidak dapat tumbuh. Sejauh ini ada 3 jenis tanaman lumut yang sudah diketahui, diantaranya : Lumut Tanduk, Lumut Daun dan Lumut Hati.

  1. Daur Hidup Lumut

Bermula dengan berkembangnya spora dan jatuh di daerah yang lembab dan cukup terkena paparan sinar matahari, Spora akan menjadi tumbuhan lumut muda hingga akhirnya menjadi lumut dewasa.

Alat kelamin jantan pada lumut dewasa berasal dari anteredium yang nantinya akan memproduksi Spermatozoid. Sedangkan alat kelamin betina berasal dari arkegonium yang perannya adalah membentuk sel ovum atau yang biasa dikenal sebagai sel terlur. Peleburan spermatozoid dan ovum akan menghasilkan zigot yang akan menjadi cikal bakal tumbuhnya tumbuhan lumut baru yang memiliki sifat diploid.

Setelah itu zigot akan membentuk spora yang biasa disebut sporogonium. Sporogonium tersebut kemudian akan dilindungi di sebuah tempat bernama kotak spora yang disebut dengan sporangium. Kemudian tinggal menunggu waktu dimana dinding sporangium tersebut mengering dan akhirnya pecah. Ini menandakan bahwa semua spora yang terdapat di dalam dinding sporangium telah masak. Kemudian spora-spora yang telah masak tersebut akan terhamburkan ke luar dari dinding sporangium.

Baca Juga :

Spora-spora yang jatuh ke tempat yang lembab dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup akan membuatnya menjadi lumut muda. Lumut muda inilah cikal bakal tumbuhnya tumbuhan lumut yang baru dan akan berkembang menjadi lumut dewasa hingga akhirnya lumut dewasa tersebut siap bereproduksi kembali menghasilkan lumut-lumut muda lainnya.

Updated: Januari 31, 2019 — 3:16 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme