Pengertian Dan Contoh Negosiasi

Pengertian Dan Contoh Negosiasi – Pada saat duduk dibangku sekolah, mungkin kalian pernah mempelajari materi negosiasi sebelumnya.

Pengertian Dan Contoh Negosiasi

Pengertian Dan Contoh Negosiasi

Ketika kita masuk kedalam dunia sosial, umumnya kita pasti pernah melakukan tawar menawar, atau yang bisa disebut juga dengan negosiasi.

Biasanya negosiasi ini dilakukan dalam bidang perekonomian, seperti negosiasi yang biasa dilakukan antara penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi.

Tidak hanya dalam bidang ekonomi, negosiasi juga dapat dilakukan pada bidang – bidang lainnya. Tujuan dari dilakukannya negosiasi ini adalah untuk mendapatkan kesepakatan demi terselesaikannya tujuan yang berbeda dan memiliki hasil yang menguntungkan bagi pihak –pihak yang terkait.

Terkadang kita hanya mengetahui arti dari negosiasi hanya dipermukaannya saja, namun pada artikel ini akan dibahas lebih mendalam mengenai pengertian dan contoh negosiasi, berikut penjelasannya:

Pengertian Negosiasi

Pengertian Negosiasi merupakan bentuk dari diskusi atau interaksi sosial dengan pihak yang terlibat demi mencapai sebuah kesepakatan yang dapat menguntungkan bagi pihak yang terlibat tersebut walaupun sebelumnya memiliki tujuan yang bertentangan ataupun berbeda.

Orang yang melakukan negosiasi ini disebut dengan negosiator.

Contoh Negosiasi

Agar dapat lebih memahami negosiasi itu sendiri, berikut adalah contoh dari negosiasi:

  1. Negosiasi antar penjual dan pembeli

Terkadang pembeli menawarkan harga yang lebih rendah kepada penjual demi mendapatkan barang yang diinginkannya dengan tidak perlu banyak mengeluarkan uang. Namun biasanya penjual bisa memberikan harga yang lebih rendah ketika pembeli tersebut membeli barang dagangannya dengan jumlah yang cukup banyak. Tawar menawar ini diharapkan dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

  1. Negosiasi antar pengusaha

Terdapat beberapa perusahaan yang melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang masih terkait dengan perusahaan tersebut demi meningkatkan tingkat penjualan satu sama lain. Agar mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, maka negosiasi diperlukan dalam menjalin hubungan kerja sama ini.

  1. Negosiasi antara dosen dan mahasiswa

Beberapa mahasiswa tidak selalu bisa untuk mencapai nilai yang maksimal sehingga tidak dapat lulus pada mata kuliah tertentu. Jadi terkadang ada beberapa mahasiswa yang meminta untuk diberi pertimbangan agar dapat lulus pada mata kuliah tersebut.

Sehingga ada pula dosen yang menawarkan untuk memberikan tugas tambahan kepada mahasiswa tersebut agar lulus terhadap mata kuliahnya. Jika mahasiswa tersebut dapat lulus, maka itu juga akan menjadi nilai tambah terhadap nilai dari kinerja dosen tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh negosiasi semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua yang telah membacanya.

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis Prosedur

Updated: Februari 15, 2019 — 8:37 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme