Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier – Dalam hidup ini kita mempunyai tiga macam kebutuhan yakni primer yang paling utama, sekunder kebutuhan kedua setelah primer dan yang terakhir tersier. Kali ini saya akan membahas kebutuhan tersier. Apa itu pengertian kebutuhan tersier ?

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Luks/ tersier dalam arti kemewahan yaitu kebutuhan yang hanya dapat dipuaskan kalau manusia itu tergolong orang kaya. Kebutuhan ini bisa termasuk didalamya kebutuhan primer dan sekunder, tetapi dalam jumlah berlebihan.

Dalam jurnal lain disebutkan kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga sebagai pelengkap kehidupan manusia yang pemenuhannya dapat di hindarkan.

Baca Juga :

Kebutuhan tersier bersifat prestise, artinya orang yang dapat memenuhi kebutuhan ini akan terangkat derajat atau martabatnya (Arfida, 2003).

Contoh kebutuhan tersier

  1. Perhiasan

Perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, diamond,dll. Kebutuhan ini tidak mempengaruhi kelangsungan hidup individu, tetapi memberikan kesan Wah, itulah fungsinya. Juga bisa menunjang penampilannya dan agar mendapat pengakuan kemampuan financial dari masyarakat.

  1. Aksesoris Mewah

Sama seperti yang diatas aksesoris mewah misalnya koleksi jam tangan mahal, koleksi lukisan dari seniman terkenal, koleksi guci-guci antic dan vas bunga yang unik sekaligus mahal. Pada akhirnya setelah orang lain melihat itu semua, mereka akan memberikan pengakuan tentang financial orang tersebut.

  1. Kendaraan Mewah

Kebutuhan transportasi seperti motor atau mobil merupakan salah satu kebutuhan sekunder, tetapi bisa menjadi salah satu kebutuhan tersier jika mereka membeli barang-barang tersebut hanya untuk sekedar koleksi dan hanya sekedar ingin terlihat glamor dan kaya. Benda-benda ini juga tidak akan mempengaruhi kehidupan seseorang.

  1. Baju Branded

Baju memang adalah kebutuhan primer, tetapi bisa menjadi kebutuhan tersier jika baju itu tergolong branded atau baju-baju mahal yang bermerk karena memiliki fungsi selain sebagai sandang saja melainkan menaikkan kelas sosial individu.

  1. Investasi

Investasi adalah cara seseorang menyimpan atau menimbun hartanya disuatu barang yang mana barang tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lain suatu saat. Contohnya adalah membeli apartemen, tanah, emas, deposito.

  1. Wisata ke Luar Negeri

Wisata ke luar negeri adalah termasuk kebutuhan tersier Karena tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, jika tujuannya hanya jalan-jalan saja untuk menghabisakan uang.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian kebutuhan tersier sekaligus dengan contohnya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme