Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer – Dalam kehidupan manusia pada dasarnya kebutuhan dibagi menjadi 3, yaitu kebutuhkan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang kebutuhan primer. Tahukah kalian apakah kebutuhan primer itu? Apa sih yang dimaksud dengan kebutuhan primer dan bagaimana contoh dari kebutuhan primer?

Simaklah pemaparan berikut ini dengan seksama

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer dapat diartikan sebagai kebutuhan utama atau kebutuhan mendesak yang harus atau wajib terpenuhi. Jika kebutuhan primer tidak dapat terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan untuk keberlangsungan hidupnya.

Contoh Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer dapat digolongkan menjadi 4 macam, yaitu :

  • Kebutuhan Sandang

Kebutuhan sandang meliputi pakaian, misalnya saja baju maupun celana, topi, jilbab (untuk perempuan) dan lain sebagainya.

  • Kebutuhan Pangan

Kebutuhan pangan meliputi makanan, minuman, atau bahan makanan. Misalnya saja seperti beras, jagung, terigu, gandum, air, sagu, gula pasir, sayur-sayuran, buah-buahan, minyak goreng, mentega, susu, telur dan lain sebagainya.

  • Kebutuhan Papan

Kebutuhan papan meliputi hunian rumah atau tempat tinggal. Bagi manusia kebutuhan akan papan tidak kalah penting. Rumah atau hunian dapat melindungi manusia dari bencana, hujan, sinar matahari atau ancaman dari makhluk hidup lain.

Dewasa ini pendidikan, kesehatan dan pekerjaan masuk ke dalam kebutuhan primer dikarenakan setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak hingga ke jenjang yang lebih tinggi, jaminan kesehatan agar dapat beraktifitas dengan normal, serta pekerjaan untuk memenuhi semua kebutuhan hidup yang dibutuhkannya maupun untuk memenuhi kebutuhan lain seperti kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama yang harus selalu terpenuhi dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia pada umumnya, dan apabila tidak terpenuhi maka manusia akan mengalami kesulitan dalam keberlangsungan hidupnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan contoh kebutuhan primer.

Apakah anda sudah lebih mengerti sekarang?

Dan sudahkah anda memenuhi kebutuhan primer anda hari ini?

Updated: Februari 5, 2019 — 4:20 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme