Pengertian dan Cara Kerja UPS

Pengertian dan Cara Kerja UPS – Selamat malam semuanya , kali ini kita akan membahas tentang UPS , mungkin sebagian dari kita sudah tau dan sebagian lagi belum tau , maka dari itu mari kita simak penjelasan berikut ini secara seksama.

Pengertian UPS merupakan singkatan atau kepanjangan dari Uninterruptible Power Supply sebuah alat tambahan pada rangkaian computer dan biasanya dipasang pada peralatan listrik dan elektronik di rumah , UPS yang sederhana bisa atau banyak ditemukan di TV , Kulkas , Komputer dan sebagainya .

Pengertian lain dari UPS merupakan peralatan listrik yang fungsi utamanya adalah untuk menyediakan listrik tambahan pada bagian tertentu computer , seperti monitor , CPU , Server , atau bagian lainnya yang penting untuk mendapatkan asupan listrik secara terus menerus , setelah mengetahui apa itu UPS tentu anda juga harus mengetahui fungsi dari UPS , secara umum sebenarnya alat ini bertujuan untuk menstabilkan aliran listrik yang diterima peralata elektronik yang dipasangnya.

Misalnya saja computer atau kulkas dengan adanya peralatan UPS tersebut akan membuat peralatan tersebut lebih maksimal dan berjalan dengan stabil asupan arusnya sehingga peralatan menjadi awet dan tidak cepat rusak , beberapa fungsi lainnya adalah sebgai berikut ini :

  1. UPS mampu memberikan arus cadangan apabila alat elektronik anda tiba tiba mati , maka alar elektronik bisa dimatikan , karena akan sangat berbahaya jika tiba tiba mati , tentu ini sangat cocok untuk anda yang sering menggunakan computer.
  2. Terutama bagi para pengguna computer dan server UPS sangatlah penting dan akan bermanfaat , fungsi back up data dari peralatan UPS akan membantu para pengguna computer dan server tidak kehilangan sebuah data yang dibutuhkan.
  3. Melindungi peralatan elektronik dari arus listrik yang tidak stabil , tentu itu akan membahayakan peralatan elektronik anda dan UPS sendiri bisa meminimalisir nya.
  4. Bagi mereka yang menggunakan arus listrik yang kurang stabil seperti diesel dan genset , sebaiknya menggunakan peralatan UPS karena akan sangat berbahaya bia arus tiba tiba naik dan tiba tiba turun.

Nah itu saja untuk pembahasan kali ini , semoga bermanfaat dan bisa membantu , jangan lupa share , sekian dan terimakasih.

Updated: Maret 11, 2019 — 4:12 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme