Pengertian Booting

Pengertian Booting – Selamat malam , kali ini kita akan membahas mengenai pengertian booting , mungkin banyak dari kita yang sering mendengar kata booting namun tidak tau pengertian serta fungsinya , baik mari kita simak beberapa ulasan berikut ini :

Pengertian Booting

Jadi booting adalah suatu proses awal untuk menyalakan atau menghidupkan komputer , proses booting akan memeriksa perangkat keras (hardware) komputer sebelum digunakan , proses ini pada hakekatnya adalah menyalurkan atau memasukan arus listrik kedalam komputer sehingga komputer dapat dipakai oleh pengguna.

Secara umum proses –proses yang dilakukan saat booting sebuah komputer adalah sebagai berikut :

  • Saat komputer dihidupkan memorinya masih kosong , belum ada intruksi yang dapat di eksekusi oleh procesor , dan karena itu prosesor dirancang untuk selalu mencari alamat tertentu dalam BIOS (Basic input output memory) ROM. Pada alamat tersebut terdapat sebuah intruksi untuk jump menuju ke alamat eksekusi awal BIOS , setelah itu , menjalankan power on self test , yaitu memeriksa kondisi hardware yang ada.
  • Sesuda itu , BIOS mencari sebuah video card , secara khusus dia mencari program BIOS milik video card , kemudia sistem BIOS , menjalankan video card BIOS , barulah setelah itu video card di inisiliasasi.
  • Kemudia BIOS akan memeriksa ROM pada hardware yang lain , apakah memiliki BIOS tersendiri atau tidak , jika ya maka akan dieksekusi juga.
  • BIOS melakukan sebuah pemeriksaan lagi , misal memeriksa besar memori serta jenis memori , lebih lanjut dia memeriksa hardware yang lain seperti disk , lalu dia mencari disk dimana proses boot bisa dilakukan , yaitu mencari boot sector , boot sectro ini bisa berada di hard disk atau floopy disk.

Dan juga secara umum jenis dari booting itu ada 2 macam , yang pertama adalah booting cold ( dingin ) dan yang kedua adalah booting warm (panas), cold booting sendiri adalah suatu proses menghidupkan komputer dalam keadaan mati atau dingin , sedangkan warm booting adalah suatu proses booting yang mana komputer sedang keadaan hidup.

Nah itu saja untuk artikel kita kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu , sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Pengertian Booting

Updated: April 1, 2019 — 2:06 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme