Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga  – Mangga adalah salah satu tanaman liar hutan yang mampu mencapai ketinggian hingga 30 m dan semua bagian dari tanaman ini bergetah seperti halnya pada tanaman nangka.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Tanaman ini senang tumbuh pada tempat terbuka, yang mana selain buahnya yang bermanfaat juga kulit batang dan getahnya bermanfaat sebagai obat tradisional untuk penyakit luar atau nyeri sendi.

Agar anda mengenal lebih jelas tentang tanaman mangga maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi terkait dengan tanaman mangga yaitu klasifikasi dan morfologi tanaman mangga secara tepat.

Klasifikasi Tanaman Mangga

Kingdom Plamtae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra Kingdom Streptophyta
Super devisi Embryophyta
Devisi Tracheophyta
Sub devisi Spermatophytina
Kelas Magnolipsida
Super ordo Rosanae
Ordo Sapindales
Famili Anacardiaceae
Genus Mangifera L
Spesies Mangifera Indica L

Morfologi Tanaman Mangga

Setelah anda mengenal dan mengetahui tentang klasifikasi dari tanaman mangga maka selanjutnya anda akan kami ajak untuk mengetahui tentang morfologi dari tanaman mangga. Yang mana morfologi tanaman mangga yang dimaksudkan terbagi ke dalam enam kelompok yaitu dari mulai akar, daun, batang, bunga, buah dan biji.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Kelapa Hibrida

1. Morfologi akar pada tanaman buah mangga

Akar tanaman buah mangga terdiri dari akar tunggang dan akar cabang / sampingan yang mampu menamvap dalam dan sifatnya sangat kuat di dalam tanah.

Akar tanaman mangga bersifat akar tunggang yang memiliki ukuran cukup panjang bahkan bisa mencapai kedalaman sekitar 6 meter.

Akar tunggang ini mampu tumbuh untuk mencari permukaan air tanah dan setelah menemukan permukaan air yang bersangkutan maka akar ini akan membentuk akar – akar cabang / akar samping yang berada di kedalaman tanah antara 30 s/d 60 Cm.

2. Morfologi daun pada tanaman buah mangga

Daun pada tanaman adalah merupakan salah satu bagian dari tanaman yang memiliki fungsi sebagai tempat pengolahan zat – zat makanan. Dimana proses pengolahan zat makanan pada daun ini disebut dengan istilah fotosintesis.

Seperti diketahui bahwa daun mangga merupakan daun tunggal yang secara umum memiliki panjang sekitar 8 s/d 40 Cm dan lebar antara 2 s/d 12 Cm. Daun tanaman mangga mempunyai bentuk yang bervariasi tergantung dari varietasnya masing – masing mulai dari panjang melebar hingga panjang mengecil dengan ujung – ujung yang runcing serta sedikit bergetah berwarna putih pekat dan agak lengket.

Letak daun tanaman ini adalah terkumpul pada bagian ujung ranting yang selain itu daun mangga memiliki warna hijau muda dan hiaju tua serta memiliki badan tulang yang berurat namun urat yang dimaksudkan tertutup oleh daun.

3. Morfologi batang pada tanaman buah mangga

Batang tanaman mangga adalah batang kayu yang berdiri lurus dan tegak serta keras dan kokoh. Batang tanaman mangga berbentuk bulat dengan cabang dan ranting yang banyak dan berarah cenderung mendatar hingga ke atas.

Pada bagian cabang dan ranting pohon bersangkutan ditumbuhi oleh banyak daun yang membentuk seperti kanopi yang mana kayu tanaman mangga ini biasanya bergetah dan memiliki kulit yang tebal dan kasar tidak beraturan.

Secara umum warna kulit batang pohon mangga adalah cokelat muda dan bahkan berwarna kehijauan karena adanya lumut – lumut yang suka menempel pada batang pohon bersangkutan.

4. Morfologi bunga pada tanaman buah mangga

Bunga tanaman mangga adalah termasuk ke dalam kelompok bunga majemuk yaitu tumbuh dari tunas ujung yang mana secara umum bunga – bunga ini terdapat dalam satu tandan atau rangkaian yang berumpun.

Bisa memiliki lebih dari 1000 kuntum bunga dengan ukuran diameter yang kecil antara 6 s/d 8 mm.

Bunga pada pangkal tandan secara umum adalah bunga jantan dengan jumlah berkisar 92 persen dari jumlah bunga per tandan. Sedangkan bunga yang terdapat pada ujung tandan merupakan bunga sempurna / hermafrodit dengan jumlah sekitar 8 persen saja.

Sel kelamin betina yang terdapat di dalam bunga sempurna biasanya rata – rata bersifat kurang subur sedangkan yang subur hanya sekitar 5 s/d 10 persen saja.

Terdapat kelopak dan mahkota bunga yang memiliki jumlah sekitar lima lembar serta bakal buah tidak mempunyai tangkai hanya pada bagian ujung terdapat putik. Bunga tanaman ini mempunyai warna – warna yang bervariasi, ada yang merah muda, kuning dan hijau, kusam tergantung dari varietasnya.

5. Morfologi buah pada tanaman buah mangga

Buah mangga memiliki ukuran yang relatif besar dengan bentuk yang bervariasi yaitu ada yang bulat, oval, dan juga pipih. Warna kulit yang dimiliki oleh buah mangga ada bermacam – macam yaitu hijau kekuningan, oranye, kuning, merah bahkan kombinasi dengan warna putih yang tergantung dari varietasnya masing – masing.

Buah mangga ada yang berkulit yipis dan ada juga yang berkulit tebal dengan daging buah ketika matang adalah lembut dan lembek, berair dan berserat ada yang halus dan ada yang kasar.

Rasanya asam – asam manis dan segar sehingga cocok dijadikan buah meja.

6. Morfologi biji pada tanaman mangga

Buah mangga mempunyai jenis biji berkeping dua / dicotiledon dengan bentuk pipih maupun agak tebal yang mana biji – biji tersebut memiliki warna putih keabu – abuan dan ada juga yang abu – abu kusam. Biji mangga bisa digunakan untuk perbanyakan tanaman secara generatif tergantung dari si pengembangbiak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman mangga, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Struktur RNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme