Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau – Salah satu bagian dari kacang hijau yang mempunyai nilai – nilai ekonomis paling tinggi adalah pada biji kacang hijau. Biji – biji ini bisa diolah dengan cara direbus hingga lunak lalu dimakan sebagai bubur atau dibuat makanan / minuman olahan lainnya.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam tanaman palawija yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat maka dari itu kebutuhan di pasaran untuk kacang yang satu ini selalu meningkat setiap waktunya, yang mana kacang hijau adalah jenis kacang – kacangan nomer 3 di dunia yang paling dicari oleh masyarakat setelah kacang kedelai dan kacang tanah.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Ciri Klasifikasi Kacang Hijau

Adapun untuk klasifikasi ilmiah dari tumbuhan kacang hijau ini antara lain sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Genus : Vigna
  • Spesies : Vigna Radiata

Ciri Morfologi Kacang Hijau

1. Daun Tanaman Kacang Hijau

Morfologi tanaman Kacang Hijau mempunyai ciri – ciri daun yang memiliki bentuk hampir mirip dengan segitiga yang lancip pada bagian ujungnya, yang mana pada umumnya daun kacang hijau memiliki 3 helai daun pada masing – masing tangkai daunnya. Daun – daun dari kacang hijau ini memiliki warna hijau dan jika sudah tua maka daun akan berwarna kuning hingga akhirnya berubah menjadi warna coklat.

2. Batang Kacang Hijau

Tanaman yang mempunyai nama latin vigna radiate ini mempunyai batang yang berwarna hijau kemerahan atau sering juga mencolok berwarna kecoklatan tergantung dari jenis varietasnya.

Batang kacang hijau bentuknya bulat dengan masing – masing ukuran berdiameter 2 s/d 5 mm dan memiliki buku – buku di bagian batangnya. Batang tumbuhan ini umumnya mempunyai tinggi kurang lebih 1 m dengan memiliki cabang yang tumbuh pada masing – masing ruas batang.

3. Akar Tanaman Kacang Hijau

Akar tanaman ini mempunyai sifat sebagai akar tunggang namun juga memiliki akar – akar kecil yang mengelilingi akar tunggangnya yang mana warna dari akar kacang hijau ini memiliki warna coklat dengan panjang akar kacang hijau sekitar 15 sampai dengan 20 cm.

4. Bunga Kacang Hijau

Bunga kacang hijau menyerupai bentuk kupu – kupu yang memiliki kelamin sangat sempurna yaitu putik dan benangsari sudah tersedia pada bagian dalam bunga yang bersangkutan dan penyerbukan dari kacang hijau ini dilakukan saat malam hari. Kacang hijau mempunyai warna bunga yaitu kuning cerah.

5. Buah Tanaman Kacang Hijau

Tanaman kacang hijau mempunyai buah yang memiliki bentuk memanjang dengan rata – rata panjang berukuran sekitar 10 s/d 15 cm yang mana pada bagian dalamnya terdapat polong yang mempunyai warna hijau, buah kacang hijau mempunyai warna hijau ketika masih muda, sedangkan ketika sudah tua warna dari buah bisa berubah – ubah menjadi hitam yang disertai dengan warna polong berubah menjadi warna hijau.

Khasiat Dan Manfaat Dari Kacang Hijau

Secara garis besar kegunaan dari tumbuhan kacang hijau ini antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai sumber mineral yaitu kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga berkemampuan menjadi sumber mineral yang cukup bernilai gizi tinggi bagi tubuh manusia seperti pemenuhan kalsium dan fosfor, sedangkan kandungan lemak di dalamnya adalah asam lemak yang tak jenuh.
  2. Penguat tulang yang mana kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi pada anak – anak juga lansia. Kacang hijau mengandung rendah lemak dan sangat bagus bagi anda yang sedang menghindari makanan berlemak tinggi. Kadar lemak yang cukup rendah pada kacang hijau ini menjadikannya sebagai bahan makanan atau minuman yang dibuat dari olahan kacang hijau yang sulit membusuk.
  3. Kesehatan jantung adalah berhubungan dengan kandungan lemak pada kacang hijau tersusun atas 73 persen asam lemak yang tidak jenuh serta 27 persen asam lemak yang jenuh. Secara umum jenis kacang – kacangan ini mengandung banyak lemak tidak jenuh dalam jumlah cukup tinggi. Kandungan lemak tidak jenuh ini penting untuk menjaga kesehatan jantung manusia.
  4. Kesehatan pada organ laki – laki berhubungan dengan kandungan berbagai vitamin di dalam kacang hijau seperti vitamin B1 yang bermanfaat dalam pertumbuhan serta meningkatkan vitalitas pria, maka dari itu kacang hijau dan seluruh jenis kacang – kacangan lainnya bermanfaat untuk dimakan oleh pasangan yang baru menikah.
  5. Pertumbuhan sel – sel tubuh yaitu kacang hijau memiliki kandungan multi protein yang bermanfaat untuk mengganti sel – sel mati dengan sel yang baru lalu membantu dalam proses pertumbuhan sel tubuh maka dari itu anak – anak serta wanita yang baru bersalin sangat disarankan untuk mengkonsumsinya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kacang hijau, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Cara Budidaya Mentimun Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme