KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN JAMBU AIR

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN JAMBU AIR – Buah sangatlah penting dan bermanfaat bagi kehidupan manusia maupun hewan, karena dapat menjadi sumber vitamin dan mineral bagi tubuh.

Salah satu buah yang bermanfaat itu adalah jambu air. Selain rasanya yang enak, jambu air ini juga bermanfaat bagi tubuh manusia khususnya lansia, karena dengan memakan buah ini dapat mengontrol diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menyehatkan jantung.

Tanaman asal Indonesia ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun batangnya juga dapat difungsikan sebagai bahan bangunan.

Namun, seringkali kita sulit membedakan mana jambu air, mana yang jambu semarang, karena bentuknya yang hampir serupa. Agar kita dapat mengetahui lebih dalam, simak penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman jambu air berikut:

Klasifikasi Jambu Air

Tanaman jambu air dalam bahasa ilmiah / latinnya disebut sebagai Eguenia aquea. Tanaman ini termasuk dalam Kingdom / Kerajaan Plantae, Sub Kingdom / Sub Kerajaan Tracheobionta¸ Super Division / Super Divisi Spermathophyta, Division / Divisi Magnoliophyta, Classing / Kelas Magnoliopsida, Sub Classis / Sub Kelas Rosidae, Ordo / Bangsa Myrtales, Family / Suku Myrtaceae, Genus / Syzygium Dan juga termasuk kedalam Species / Jenis Spesies Eguenia aquea.

Morfologi Jambu Air

  1. Akar

Pada tanaman jambu air, akarnya termasuk kedalam golongan akar tunggang yang memiliki percabangan kecil. Warna dari akar ini kecoklatan dengan struktur yang kuat dan keras.

  1. Batang

Untuk batang pada jambu air, termasuk kedalam golong batang berkayu atau bahasa ilmiahnya disebut dengan lignosus. Strukturnya kuat dan keras dengan tekstur permukaan kasar berwarna coklat muda. Batang tersebut dapat mencapai ketinggian 3-10 meter bahkan lebih dengan arah tumbuh yang tegak.

  1. Daun

Jenis dari daun tanaman jambu air adalah daun tunggal. Bentuknya lonjong dengan rata dibagian tepinya. Ukuran dari daun ini dengan panjang 15-20 cm dan lebar 5-7 cm. Warna dari daun tersebut adalah hijau yang letaknya tersebar di ranting-ranting atau cabang cabang pohon. Daun ini hanya terdiri dari tangkai dan helaian daun saja, sehingga tidak lengkap.

  1. Bunga

Bentuk bunga jambu air seperti karang yang terletak pada ketiak daun, dan untuk mahkotanya berbentuk seperti corong. Bunga ini berwarna hijau kekuningan yang lambat laun dapat berubah menjadi merah. Bunga ini termasuk kedalam golongan bunga yang lengkap atau sempurna.

  1. Buah

Panjang dari buah jambu air ini sekitar 3-5cm yang berbentuk menyerupai lonceng atau membulat keatas. Ketika masih muda buah ini berwarna hijau, namun ketika semakin tua dan matang warna dari buah ini berubah menjadi merah.

  1. Biji

Bentuk dari biji jambu air menyerupai ginjal yang berdiameter 1,5 cm dengan warna putih kecokelatan berselaput putih sebagai kulit dari biji tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman jambu air, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah memahaminya.

Updated: Januari 30, 2019 — 2:15 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme