Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Hias Tulip

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Hias Tulip – Apakah anda mengenal tanaman hias Tulip ? Tulip atau Tulipa L. merupakan salah satu bunga terindah di dunia.

Tanaman ini berasal dari Asia Tengah kemudian menyebar ke Eropa termasuk Indonesia. Rata – rata tanaman ini memiliki bunga indah dan awet dimana pada hari – hari tertentu seperti perayaan Natal dan Valentin, bunga ini dimanfaatkan sebagai media untuk menyatakan arti cinta dan kasih sayang baik itu kepada keluarga, orang tua ataupun lawan jenis sebagai perlambang ketulusan dan kecintaan. Di Iran dan Turki, bunga Tulip merupakan bunga nasional.

Tanaman hias ini tumbuh tahunan dengan rata – rata ketinggian bisa mencapai sekitar 10 s/d 70 Cm. Spesies tanaman ini mampu mencapai jumlah sekitar 100 jenis dan mekar ketika musim sedang memasuki musim dingin antara bulan Maret hingga April setiap tahun.

Berikut di bawah ini merupakan klasifikasi dan morfologi tanaman hias Tulip.

  • Kingdom : Plantae / Tumbuhan
  • Sub Kingdom : Tracheobionta / Tumbuhan berpembuluh
  • Super Divisi : Spermatophyta / Tumbuhan berbiji
  • Divisi : Magnoliophyta / Tumbuhan berbunga
  • Kelas : Liliopsida / Tumbuhan monokotil
  • Sub Kelas : Lilidae
  • Ordo : Liliales
  • Famili : Liliceae
  • Genus : Tulip L.

Tanaman hias Tulip terdiri dari daun yang berbentuk ‘lanset’ berlapis lilin dengan warna yang berubah – ubah yaitu pada waktu muda tanaman hias ini mempunyai warna hijau tua dan saat akan memasuki musim gugur maka warna daun berubah menjadi kuning segar.

Bentuk daun panjang menyempit, dimana pada bagian bawah daun memiliki bulu – bulu halus dengan tulang daun bersifat ‘bachidodromus’. Batang tanaman tumbuh tegak lurus dan berkayu dengan warna hijau atau hitam abu – abu tua dengan ketinggian bervariasi rata – rata 10 s/d 70 Cm tergantung jenis varietasnya.

Mahkota bunga berlapis lilin yang indah dan menarik terdiri dari 6 helai mahkota per kuntum dengan warna yang bervariasi disesuaikan dengan proses penyilangannya. Bunga hasil dari persilangan memiliki warna tunggal seperti merah, kuning, ungu, biru, jingga dan hijau. Hasil persilangan juga memiliki warna bunga majemuk atau warna kombinasi dengan ‘gradasi’ yang bervariasi.

Bunga dilengkapi dengan biji yang terbungkus rapi membentuk ‘kapsul’ agak kering berbentuk pipih dan bulat. Biji dapat dimanfaatkan sebagai media penyebaran dan perkembangbiakan tanaman hias Tulip.

Updated: Januari 10, 2019 — 11:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme