Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat – Siapa yang tak kenal dengan alpukat? Buah yang satu ini termasuk buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan tekstur buahnya yang lembut membuat alpukat sering digunakan untuk membuat jus.

Selain rasanya yang enak, buah ini juga mengandung banyak nutrisi. Tanaman alpukat sendiri berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko dan budidaya terbesarnya berada di Amerika Selatan.

Alpukat memiliki banyak manfaat bagi manusia, dari mulai daunya yang bisa digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, nyeri saraf, nyeri lambung dan menstruasi yang tidak teratur bagi wanita.

Kemudian, daging buahnya bisa dijadikan makanan, jus, atau bahan dasar kosmetik. Sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai pewarna pakaian yang tidak mudah luntur.

Klasifikasi Tanaman Alpukat

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Trachebionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Magnoliidae
  • Ordo : Laurales
  • Famili : Lauraceae
  • Genus : Persea
  • Spesies : Persea Americana

Morfologi Tanaman Alpukat

Akar dan batang alpukat

Morfologi Alpukat pada Jenis akar tanaman alpukat adalah akar tunggang dengan panjangnya yang mencapai 5 – 10 m. Akar alpukat menyebar luas di dalam tanah. Sedangkan batang tanaman alpukat berkayu, keras dan berwarna cokelat serta memiliki banyak percabangan dan ranting. Fungsi akar pada tanaman alpukat adalah untuk menyimpan air dan unsur hara yang di dapat dari dalam tanah.

Daun Alpukat

Tanaman alpukat termasuk tanaman berkeping dua atau dikotil. Daun alpukat termasuk daun tunggal dan simetris, berwarna hijau hingga kemerahan, pangkal daun meruncing dengan bentuk daun yang cenderung oval, dan permukaan daun yang halus. Daun alpukat termasuk daun dengan jenis tulang daun menyirip.

Buah Alpukat

Buah alpukat berbentuk bulat oval. Buah alpukat ada yang berwarna hijau, kekuningan, dan di permukaan kulitnya terdapat bintik-bintik berwarna keunguan. Buah alpukat memiliki daging yang cukup tebal berwarna hijau muda dan kekuningan dan memiliki biji tunggal yang berwarna putih dan berbentuk bulat.

Biji Alpukat

Biji alpukat berbentuk bola dan berwarna putih kemerahan. Biji merupakan  alat untuk perbanyakan diri secara alami pada tanaman alpukat. Biji akan berkecambah jika jatuhnya tepat pada kondisi tanah yang baik dan subur dan memiliki cukup air.

Updated: Maret 20, 2019 — 8:01 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme