Kain Songket Sidemen, Kain Khas Bali Yang Terkenal

Kain tenun songket khas Sidemen Bali merupakan kain mewah yang mempunyai motif bervariasi dan dibuat dalam bentuk pola anyaman, mengaplikasikan benang katun warna – warni atau benang dari emas dan perak yang diatur sedemikian rupa, sehingga akan membentuk motif sesuai keinginan pelanggan.

Kain songket Sidemen Bali pada umumnya dikenakan untuk upacara – upacara sakral tertentu saja di Bali, namun seiring dengan perkembangan zaman maka kain songket Sidemen saat ini sudah terbiasa dikenakan untuk acara – acara kebesaran seperti wisuda, pernikahan, dan lain – lainnya.

Baca Juga : Pengertian Link Building

Sedangkan untuk menambah nilai jual dari kain songket tersebut di atas maka masyarakat setempat saat ini mencoba berkreasi seni yang lain dengan membuat dompet dan tas dari kain songket Sidemen Bali yang ternyata diburu oleh para konsumen wanita dari wisatawan yang berkunjung ke Bali sebagai oleh – oleh khas Bali yang menarik.

Seperti diketahui bahwa Sidemen merupakan salah satu kecamatan kecil yang ada di Kabupaten Karangasem, Bali.

Masing – masing desa Di Sidemen merupakan sentra industri kerajinan kain tradisional songket di Bali.

Selain berfungsi sebagai objek wisata yang mampu menarik minat wisatawan berkunjung untuk membeli sebagai souvenir khas, kain songket Sidemen mengalami perkembangan yang cukup maju kian tahun sudah menjadi komoditas utama pada dunia fashion yang berbasiskan atas budaya masyarakat Bali yang tradisional dan etnis.

Letak Dan Cara Akses Ke Cepik

Cepik berada di Banjar Tabola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali. Cepik memiliki jarak sekitar 14 km ke utara dari Kota Semarapura, berjarak 17 km dari objek wisata Pura Besakih, dan berjarak 43 km dari Kota Denpasar.

Apabila anda datang dari arah Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar, hanya berjarak sekitar 58 km atau dengan waktu tempuh sekitar 95 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Adapun rute perjalanan yang bisa anda lalui dan objek wisata lainnya yang bisa anda kunjungi sebelum mencapai kawasan wisata Cepik adalah sebagai berikut.

Begitu anda yang baru tiba dan keluar dari area Bandara Ngurah Rai Kota Denpasar, arahkan kendaraan anda menuju ke jalan Tol Bali Mandara hingga ke By Pass Ngurah Rai arah timur sampai menemukan taman Patung Titi Banda (Patung Sri Rama).

Dari Patung Titi Banda ini, arahkan kendaraan anda menuju ke timur ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan Pantai Klotok lalu belok ke kiri menuju ke Jalan Raya Tojan hingga anda bertemu Jalan Puputan.

Pada ujung Jalan Puptuan akan menjumpai sebuah Patung Kanda Pat Sari (di samping objek wisata Kerthagosa).

Dari arah ini belok ke kanan hingga menemukan sebuah jembatan yang berdekatan dengan air terjun mini. Dengan melewati jembatan ini maka anda akan menemukan sebuah perempatan.

Di perempatan tersebut, belok ke kiri kira – kira 10 km ke utara maka anda akan menmukan sebuah pertigaan (sebelum pasar tradisional Sidemen) lalu belok ke kiri dan anda akan menemukan sebuah pertigaan belok ke kiri.

Ikuti jalan tersebut, anda akan melewati kompleks villa dan restoran berjejer rapi di samping jalan, nah anda sudah sampai di tempat wisata Cepik.

Demikian kami mengulas dengan singkat dari berbagai sumber, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Pengertian Content Marketing

Updated: Agustus 12, 2019 — 3:40 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme