Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Pupuk Organik yang Perlu Anda Ketahui!

Apa itu pupuk organik?

Dewasa ini semakin maraknya penggunaan pupuk berbahan kimiawi buatan membuat sejumlah tanaman bahan pangan memiliki kandungan karsinogenik yang dapat menyebabkan adanya mutasi gen.

Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Pupuk Organik yang Perlu Anda Ketahui!

Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Pupuk Organik yang Perlu Anda Ketahui!

Sehingga, perlu digelorakan kembali untuk memanfaatkan pupuk organik sebagai nutrisi penting bagi tanaman agar terhindar dari pengaruh buruk bahan kimiawi buatan yang secara tidak langsung juga merusak kadar humus atau bunga tanah.

Kata “pupuk organik” mungkin tidaklah asing, namun apakah Anda tahu apa itu pupuk organik?

Pupuk organik merupakan pupuk yang dihasilkan baik dari sebagian maupun keseluruhan tanaman maupun hewan yang telah diproses melalui rekayasa. Terdapat beragam jenis pupuk organik didasarkan atas bahan penyusun maupun wujudnya. Berikut ulasanya yang perlu Anda pahami.

Mengenal lebih jauh pupuk hijau

Pupuk hijau merupakan salah satu pupuk yang sering dimanfaatkan bagi para petani desa untuk meningkatkan kesuburan tanah persawahan.

Sebenarnya apa itu pupuk hijau? Pupuk hijau ialah pupuk yang dihasilkan dari sebagain atau keseluruhan tanaman baik yng dipanen maupun memang ditanam yang bertujuan untuk mendapatkan daun hijaunya.

Pemilihan tanaman untuk pupuk hijau biasanya berupa tanaman air maupun tanaman kacang-kacangan.

Hal ini dilakukan karena diyakini tanaman tersebut memiliki kandungan unsur hara berupa nitrogen yang snagat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Biasanya para petani memanfaatkan dedaunan dari kacang-kacangan maupun tanaman pakis (Azola) ketika sedang dilakukan pengolahan lahan sawah dengan cara membenamkannya.

Pupuk kandang

Salah satu jenis-jenis pupuk organik ialah pupuk kandang. Pupuk jenis ini sering dimanfaatkan para petani untuk menyuburkan lahan sawah selain pupuk hijau.

Istilah “kandang” digunakan karena asal muasal dari pupuk ini berasal dari kotoran binatang ternak, seperti kambing, kerbau, unggas dan binatang mamalia lainnya.

Penggunaannya yang mudah dibandingkan pupuk kompos dan melimpahnya ketersediaan penggunaan pupuk ini sangat diminati bagi para petani. Pupuk yang sudah mengering dan matang siap untuk diolah dilahan persawahan.

Pupuk kompos

Penggunaan pupuk lainnya yaitu pupuk kompos. Pupuk ini dihasilkan melalui proses secara biologis melalui organisme dengan bahan organik tumbuhan maupun hewan yang telah mengalami pelapukan. Mikroorganisme yang sering dimanfaatkan yaitu cacing tanah.

Baca Juga :

Semakin berkembangnya inovasi dalam teknologi, ragam pupuk kompos sangat mudah ditemui mulai dari bersifat cair hingga berbentuk tablet.

Selain pupuk diatas terdapat pupuk satu lagi yang perlu dibahas yaitu pupuk hayati. Pupuk ini terbuat dari organisme yang mampu memberikan pengaruh positif bagi tingkat kesuburan tanah.

Organisme tersebut dapat melakukan fiksasi nitrogen baik dari atmosfer maupun di dalam tanah untuk meningkatkan proses penyuburan tanah. Nah itulah beberapa ulasan berkaitan jenis-jenis pupuk organik yang perlu Anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme