Fungsi Dan Struktur Kloroplas

Fungsi Dan Struktur Kloroplas – Dalam sel tumbuhan, kloroplas memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting. Berikut adalah fungsi kloroplas pada tumbuhan beserta penjelasannya:

  1. Sebagai tempat fotosintesis

Fungsi utama dari kloroplas pada tumbuhan yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis. Proses ini merupakan proses pembuatan makanan sendiri oleh tumbuhan.

  1. Sebagai tempat untuk penghasil energi

Karena proses fotosintesis atau proses pembuatan makanan sendiri pada tumbuhan berada di kloroplas, maka fungsi dari kloroplas yang selanjutnya yaitu sebagai tempat untuk penghasil energi. Reaksi fotosintesis ini memang bisa menghasilkan energi. Kloroplas akan berperan dalam mengkonversi sinar matahari, air, dan karbondionsida untuk menjadi cadangan makanan, energi, dan oksigen

Struktur Kloroplas

Kloroplas

Kloroplas

Kloroplas pada tumbuhan memiliki struktur yang terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah struktur kloroplas beserta fungsinya masing-masing:

  1. Membran luar

Membran luar pada kloroplas merupakan membran permeabel yang memiliki fungsi untuk mengatur keluarnya zat, baik zat cair maupun zat padat

  1. Ruang antar membran

Ruang antar membran merupakan pembatas antara membran luar dan membran dalam sebagai penghalang.

  1. Membran dalam

Membran dalam emrupakan bagian kloroplas yang berfungsi sebagai pembatas antara stroma dan sitosol

  1. Stroma

Stroma adalah bagian membran dalam yang bergungsi untuk membungkus cairan kloroplas dan sebagai tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis atau reaksi amilum (pati)

  1. Tilakoid

Tilakoid adalah bagian membran dalam pada kloroplas yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi terang fotosintesis dan menangkap sinar matahari untuk proses fotosintesis

  1. Granum

Granum adalah kumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk untuk reaksi terang fotosintesis

  1. DNA Plastida

DNA plastida adalah bagian kloroplas yang memiliki peran sebagai gen pembawa sifat.

  1. Ribosom

RIbosom adalah bagian membran dalam kloroplas yang berfungsi sebagai tempat terjadinya sintesis protein

  1. Plastoglobula

Plastoglobula adalah senyawa kimia yang ada di dalam kloroplas tumbuhan. Plastoglobula terdiri atas lipid atau lemak yang berbentuk globul.

  1. Amilum atau Pati

Amilum atau pati adalah hasil dari proses fotosintesis yang terjadi di tumbuhan hijau. Cadangan makanan pada tumbuhan disimpan dalam bentuk amilum atau pati.

Updated: Agustus 14, 2019 — 6:36 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme