Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kimia

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang salah satu subjek dari ilmu pengetahuan alam yaitu faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia guna menambah wawasan bagi siswa / wi atau mahasiswa / wi yang diharapkan mampu memberikan kegunaan di masa depan.

Secara garis besar sebuah laju reaksi kimia lebih banyak dipengaruhi oleh ragam faktor yaitu adanya hubungan diantara konsentrasi kadar zat dengan luas bidang permukaan sentuh, tekanan, suhu dan pengaruh – pengaruh yang bersifat ‘katalis’.

Nah seperti yang kami maksudkan di atas, artikel inilah yang akan mengkhusus mengulas mengenai faktor yang dimaksud tersebut guna mengetahui tentang bagaimana beberapa faktor akan mampu memberi pengaruh besar terhadap laju reaksi.

Seperti diketahui bahwa reaksi – reaksi kimia memiliki masing – masing karakteristik yang antara satu dengan lainnya berbeda, biasanya erat hubungannya dengan tingkat kelajuan.

Dalam sebuah proses yang sedang berlangsung, reaksi kimia yang terjadi di dalamnya wajib melalui sebuah tahapan yang cukup cepat dan sebagian lagi adalah termasuk ke dalam reaksi kimia yang berlangsung agak lambat.

Cepat atau lambatnya suatu reaksi akan terjadi tergantung dari laju reaksi masing – masing.

Yang dimaksud dengan laju reaksi adalah merupakan besaran yang berfungsi sebagai media untuk menjelaskan tentang ukuran cepat atau lambat suatu reaksi yang sedang berlangsung.

Dimana semakin besar laju reaksi maka akan menjelaskan / menunjukkan tentang adanya perubahan – perubahan terhadap konsentrasi dari masing – masing waktu tersedia yang akan berlangsung secara berkelanjutan / terus – menerus sehingga pada titik tertentu akan membentuk senyawa – senyawa baru disebut dengan produk reaksi.

Selanjutnya produk – produk reaksi yang dihasilkan lebih banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu guna mengetahui dan mendapatkan tingkatan laju yang diinginkan haruslah menyesuaikan kondisi terhadap faktor – faktor tersebut seperti apakah harus dikurangkan atau ditambahkan.

Faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia yang dimaksudkan di atas adalah sebagai berikut :

1. Faktor Katalis

Di dalam dunia ilmu kimia, dikenal adanya 2 zat yang berpengaruh besar terhadap sistem kerja dari laju reaksi yaitu ‘katalis’ dan ‘inhibitor’ dimana yang dimaksud dengan katalis adalah suatu zat yang berfungsi untuk mempercepat laju reaksi sedangkan yang dimaksud dengan inhibitor adalah zat yang justru menyebabkan adanya banyak hambatan terhadap laju reaksi.

2. Pengaruh Tekanan

Pengaruh ini akan terlihat saat terjadinya reaksi kimia yang tercampur / melibatkan pereaksi contohnya adalah gas, adanya peningkatan tekanan terhadap reaksi yang di dalamnya termasuk pereaksi gas akan menyebabkan laju reaksi meningkat tajam, dimana pengaruh ini secara tidak langsung akan terlihat hasilnya yang melibatkan antara zat padat dengan zat cair.

3. Pengaruh Suhu

Kondisi suhu yang cukup tinggi, dengan adanya energi molekul yang kian lama bertambah besar akan menyebabkan laju molekul semakin bertambah. Nah meningkatnya laju molekul akan memungkinkan terjadinya reaksi yang terjadi sangat cepat sebanding dengan tinggi suhu yang semakin membesar terhadap kondisi laju reaksi.

Demikianlah pembahasan kami tentang faktor – faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap laju reaksi kimia, semoga bermanfaat !

Updated: Januari 16, 2019 — 4:09 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme