Definisi, Tujuan, Ciri Dan Cara Membuat Sinopsis

Definisi, Tujuan, Ciri Dan Cara Membuat Sinopsis – Suku kata ‘sinopsis’ berasal dari Bahasa Inggris yaitu ‘synopical’ yang berarti ringkas. Yang dimaksud dengan sinopsis adalah proses merangkum / ringkasan sebuah cerita atau salah satu bentuk pemendekan terhadap sebuah buku / karangan dengan memperhatikan unsur – unsur yang bersifat ‘intrinsik’ dari cerita yang dimaksud.

Di dalam menyiapkan sebuah sinopsis haruslah menguasai sebuah metode yang cukup efektif guna memperbaiki sebuah karangan seperti Novel yang memiliki alur cerita panjang ke dalam bentuk yang lebih singkat.

Sebuah sinopsis secara garis besar lebih memfokus untuk mempertahankan isi dan gagasan – gagasan umum dari si pengarang dengan meniadakan keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan – penjelasan pendukung lainnya.

Mengetahui Tentang Tujuan Dari Sinopsis

Tujuan dibuatnya sinopsis adalah guna melukiskan sebuah gambaran melalui cara – cara yang ringkas namun berisi tentang tema atau materi yang akan diulas atau dituliskan oleh pengarang. Juga, sinopsis dibuat agar para pembaca lebih mudah untuk memahami konsep dan analogi tentang gagasan – gagasan yang terdapat di dalam sebuah cerita.

Meskipun sinopsis isinya singkat namun diharapkan mampu menarik minat pembaca agar tertarik terhadap buku, film atau pertunjukan yang dimaksud. Isi sinopsis harus mampu menarik hati para pembaca dengan mengaplikasikan kata – kata yang singkat, menarik, nyata dan mudah untuk dipahami.

Mengetahui Tentang Ciri – Ciri Sinopsis

  1. Jalan cerita atau alur disusun dengan cara yang sistematis dari awal hingga akhir dimana masing – masing kronologis bersifat akurat. Buat yang sama antara alur atau plot sinopsis sesuai dengan alur cerita aslinya.
  2. Gunakan jenis bahasa yang bersifat ‘persuasif’ atau berupa kalimat – kalimat ajakan atau membujuk agar calon pembaca merasa tertarik untuk melihat dan membaca buku yang dimaksud.
  3. Konflik ditampilkan secara detail, menarik dan ringkas.
  4. Mampu membuat calon pembaca penasaran.

Cara Membuat Sinopsis

  • Naskah asli terlebih dahulu dibaca dengan tujuan agar anda bisa memahami kesan dan pesan umum yang ingin disampaikan oleh penulis.
  • Perhatikan lebih serius lalu catat ide – ide pokok dengan cara memberi garis bawah terhadap gagasan – gagasan yang penting.
  • Selanjutnya tulis ringkasan tersebut di atas berdasarkan atas gagasan – gagasan pokok seperti anda melakukannya pada langkah kedua. Terapkan kalimat – kalimat yang cukup efektif, padat dan menarik untuk tujuan merangkai sebuah alur / jalan cerita menjadi sebuah karangan fiksi yang singkat namun tetap menggambarkan karangan aslinya.
  • Cari garis besarnya saja tentang dialog atau monolog dari tokoh – tokoh yang ada di dalam karangan yang dimaksud.
  • Sinopsis atau ringkasan harus sesuai dengan jalan cerita dan isi terhadap keseluruhan karangan dari Novel.

Demikianlah kami mengulas dengan singkat saja tentang pengertian, tujuan, ciri – ciri dan cara membuat sinopsis, semoga bermanfaat !

Baca Juga :

Updated: Desember 5, 2018 — 1:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme