Definisi Molekul Menurut Para Ahli

Definisi Molekul Menurut Para Ahli – Memahami molekul menurut para ahli adalah: apakah Anda tahu apa itu sebutan molekul? Apakah Anda juga tahu tentang definisi molekul menurut para ahli?

Berbicara tentang molekul akan mengingatkan kita pada pembelajaran di bidang Kimia yang termasuk dalam cabang Ilmu Pengetahuan Alam.

Diskusi tentang molekul bukanlah diskusi sehari-hari. Hanya kalangan tertentu yang sesekali membicarakan hal ini. Sebagai salah satu studi di bidang sains, molekul memiliki peran penting karena mereka juga berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup.

Definisi molekul menurut para ahli

Molekul adalah bagian paling kecil dan tidak terselesaikan dari senyawa kimia murni yang masih dapat mempertahankan sifat kimia dan fisik yang sangat unik. Molekul juga dapat diartikan sebagai suatu kelompok atom yang mengikat kovalen, begitu kuatnya, dalam susunan tertentu dan cukup netral dan stabil.

Pada sebuah molekul, setidaknya dua atom atau lebih terpasang, misalnya, molekul air yang terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Molekul dapat dibentuk dari atom-atom dari unsur yang sama, seperti oksigen (O2) atau dari atom yang berbeda, seperti air (H2O). Atom-atom non-kovalen terkait tidak dianggap sebagai molekul tunggal.

Tentunya bisa dibilang bagian dari sains, molekul memiliki pengetahuan khusus untuk dapat kemudian menganalisisnya, yaitu terdapat kimia molekuler maupun fisika molekuler. Pada keduanya memang tergantung pada jenis molekul yang menjadi fokus penelitian mereka. Ini juga terkandung dalam arti molekuler menurut para ahli. Kimia molekuler meneliti hukum yang mengatur interaksi antar molekul, sedangkan fisika molekuler meneliti hukum yang mengatur struktur dan sifat molekul.

Menurut ilmu molekuler, molekul terdiri dari sistem stabil yang terdiri dari dua atau lebih molekul. Dalam hal ini, istilah molekul tidak stabil akan terpenuhi, yaitu istilah yang digunakan untuk merujuk pada spesies kimia yang sangat reaktif. Ilmu molekuler dapat dipelajari dengan lebih lanjut untuk menemukan semua detail tentang molekul dan berbagai diskusinya.

Molekul dapat dibagi sesuai dengan komposisi atau formasinya menjadi dua jenis, yaitu molekul elementer dan molekul senyawa. Molekul elementer adalah molekul yang dibentuk oleh dua atom yang sama, misalnya oksigen yang terbentuk dari dua atom oksigen (O2). Molekul komposit/senyawa adalah molekul yang melanjutkan lebih dari satu jenis atom, misalnya, air yang terdiri dari dua atom H dan satu atom O, sehingga memiliki rumus H2O. Dari dua jenis molekul ini, rumus kimia dibentuk untuk setiap molekul, yaitu fosfor (P4), asam sulfat (H2SO4), kapur (CaCO3), metana (CH4), urea ( CO (NH2) 2), karbon dioksida (CO2), asam nitrat (HNO3) dan glukosa (C6H12O6).

Pemahaman molekul telah berubah seiring dengan perkembangan zaman, seperti halnya pemahaman molekul menurut para ahli. Awalnya, molekul didefinisikan sebagai partikel terkecil bahan kimia yang masih mempertahankan komposisi dan sifatnya. Namun, definisi ini tidak selalu berlaku karena banyak bahan dalam bentuk batuan, garam dan logam terdiri dari jaringan atom yang terikat secara kimia. Untuk alasan ini, definisi molekul dikembangkan seperti yang dikemukakan di atas.

Terima kasih telah membaca ulasan di atas semoga informasi di atas dapat menjadi bahan referensi.

Updated: Agustus 23, 2019 — 1:05 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme