Definisi dan Dampak dari Urbanisasi

Definisi dan Dampak dari Urbanisasi – Urbanisasi termasuk kata yang sudah familiar di telinga. Ternyata, kata urbanisasi sendiri memiliki banyak definisi.

Definisi dan Dampak dari Urbanisasi

Definisi dan Dampak dari Urbanisasi

Namun, secara sederhana urbanisasi dapat diartikan sebagai perpindahan masyarakat dari daerah yang sedang berkembang ke daerah yang lebih maju. Pada umumnya, urbanisasi bersifat sementara maupun permanen tergantung pada kesepakatan pemerintah setempat.

Lebih jelasnya, urbanisasi memiliki beragam definisi yang dikemukakan oleh para ahli, seperti:

  1. H. de Goede

J.H. de Goede menyatakan bahwa urbanisasi adalah suatu proses bertambahnya jumlah penduduk dari pedesaan (rural) ke perkotaan (urban).

  1. Kingsley Davis

Kingsley Davis menyatakan bahwa urbanisasi merupakan proses meningkatnya jumlah penduduk kota dikarenaakan perpindahan penduduk desa.

  1. Shogo Kayono

Shogo Kayono menyatakan bahwa urbanisasi adalah peristiwa memusatnya penduduk desa ke suatu kota tertentu yang dilatarbelakangi oleh politik, budaya, sosial, dan ekonomi yang berbeda.

Dampak Urbanisasi

Meskipun urbanisasi bertujuan untuk menyetarakan kemakmuran desa yang belum terukur, tentunya hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya dampak positif dan negatif terjadinya urbanisasi bagi pedesaan maupun perkotaan.

Dampak Positif

  1. Wadah pembelajaran bagi masyarakat desa untuk mendapatkan perkembangan terkini.
  2. Menciptakan keseimbangan antara masyarakat klta dan desa dalam berbagai aspek.
  3. Urbanisasi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah pengangguran di desa.
  4. Mengatasi ketimpangan sosial antara masyarakat kota dan masyarakat desa.

Dampak Negatif

  1. Urbanisasi akan menimbulkan pertambahan jumlah penduduk di wilayah perkotaan. Sehingga, lahan perumahan semakin terbatas, tingkat kejahatan yang semakin sulit ditanggulangi, masalah kemacetan di berbagai sisi kota, dan masalah kebersihan dan pembuangan semakin memperparah kenampakan kota.
  2. Mereka yang memiliki skill dan intelektualitas tinggi di desa akan bernilai positif ketika mengikuti urbanisasi. Namun, sangat disayangkan bahwa desa akan kehilangan SDM yang sangat memadai.
  3. Scope pekerjaan di desa semakin menghilang dikarenakan alih fungsi mereka ke kota.

Meskipun urbanisasi memiliki dampak negatif, dampak positifnya tetap harus dipertimbangkan. Bahkan, kemajuan di kota dapat dipraktikkan agar desa pun juga turut berbenah.

Updated: Juli 24, 2019 — 2:47 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme