Contoh Penerapan Ideologi Komunisme

Contoh Penerapan Ideologi Komunisme – Nah mengacu kepada beberapa pengertian tentang komunisme tersebut di atas, di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh komunis dalam suatu negara yang memberlakukan aliran ini sebagai ideologi mereka antara lain :

  • Perekonomian yang dikuasai oleh pemerintahan

Kondisi ini berlaku di Korea Utara, dimana segala kegiatan perekonomian rakyat lebih banyak berada dalam kekuasaan pemerintah. Kenyataannya adalah rakyat biasa hanya dibolehkan memiliki kegiatan ekonomi dalam skala kecil saja sedangkan industri – industri besar dikuasai oleh pemerintah. Juga masing – masing sumber daya dan alat – alat produksi menjadi kekuasaan pemerintah. Sehingga di negara komunis tidak ada kegiatan yang menyangkut hajat hidup masyarakat luas karena dikuasai oleh pihak – pihak swasta tertentu.

  • Mengaplikasikan sistem satu partai

Hingga sekarang ini, Republik Rakyat Tiongkok masih kukuh menerapkan sebuah sistem yaitu mengaplikasikan satu partai saja. Artinya adalah prinsip – prinsip demokrasi pada negara yang bersangkutan kurang begitu menonjol sehingga siapapun yang akan dicalonkan oleh partai komunis Tiongkok maka dipastikan akan menjadi presiden. Kondisi ini dapat dipelajari ketika Xi Jinping menjabat presiden di Tiongkok yang berhasil berkuasa selama hampir dua periode.

  • Kurang memberikan dukungan kepada praktik keagamaan

Anggapan salah tentang paham komunisme adalah suatu paham yang tidak mengakui tentang adanya Tuhan / ‘Ateisme’. Ini adalah anggapan yang keliru karena pada dasarnya di dalam praktek, anggapan tersebut berbeda.

Komunisme adalah ideologi politik sedangkan Ateisme adalah ideologi aliran kepercayaan.

Paham komunisme beranggapan bahwa penganut aliran agama akan cenderung lebih mengandalkan kekuatan doa dibandingkan dengan melakukan sebuah usaha atau tindakan untuk mencapai sesuatu agar bermanfaat. Hal inilah yang menyebabkan para penganut agama menyamakan antara komunisme dengan Ateisme.

  • Beranggapan bahwa masing – masing manusia adalah setara

Menurut ajaran yang dianut oleh komunisme, masing – masing manusia mempunyai derajat hidup yang setaraf / sama dimana kaum ‘Borjuis’ dan kaum ‘Proletar’ ditiadakan. Ajaran inilah yang pertama kali menyebabkan rakyat kecil penuh semangat mengikuti paham ini karena dianggap akan mampu mensejahterakan mereka. Meskipun pada kenyataannya praktik komunisme justru menyebabkan mereka semakin tidak mampu berkembang.

Demikianlah ulasan kami secara ringkas tentang contoh komunisme dimana diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Updated: April 11, 2019 — 12:56 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme