Contoh Dan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Contoh Dan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder – Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang akan dan harus dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pendamping atau pendukung dari kebutuhan primer yang di dalam pemenuhannya tidak bersifat mendesak atau wajib dipenuhi karena tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup.

Contoh Dan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Contoh Dan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Akan tetapi, manusia akan tetap dan terus berusaha agar supaya kebutuhan sekundernya tersebut terpenuhi. Ada beberapa contoh dan faktor yang mempengaruhi kebutuhan sekunder yang akan kami jelaskan di bawah ini:

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

  1. Perkembangan Zaman

Perkembangan sulit diprediksi karena ia merupakan sebuah perputaran waktu. Kebutuhan zaman dahulu sudah tentu berbeda dengan kebutuhan di zaman sekarang. Contohnya, jika seseorang bisa hidup tanpa smartphone atau koneksi internet di zaman dahulu, namun hal tersebut akan sangat berbeda dengan sekarang.

Setiap orang dimana pun berada berusaha untuk memiliki handphone dengan harga yang bermacam-macam. Mereka juga sangat butuh terhadap koneksi internet untuk bisa mengakses semua informasi di seluruh dunia.

  1. Lingkungan

Lingkungan juga berperan penting terhadap kebutuhan sekunder. Maksudnya, setiap orang yang tinggal di suatu lingkungan tertentu akan memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda dengan seseorang yang tinggal di linkungan yang lainnya.

  1. Agama

Sama dengan lingkungan, agama yang dianut seseorang akan berpengaruh terhadap kebutuhan sekunder mereka dibandingkan dengan agama yang dianut oleh orang lain. Muslim dilarang makan babi, sedangkan umat agama lain ada yang memperbolehkan.

  1. Adat istiadat

Adat istiadat atau tradisi memiliki beragam perbedaan yang semakin memperkaya budaya bangsa Indonesia. Perbedaan tersebut juga menjadikan kebutuhan sekunder dari masing-masing individu juga tidak sama.

Contoh Kebutuhan Sekunder

  1. Pariwisata

Setiap orang sangat ingin memiliki kehidupan yang nyaman dan bahagia. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rekreasi. Tujuannya untuk menyegarkan pikiran dan meningkatkan solidaritas atau kebersamaan antar anggota keluarga.

  1. Perlengkapan rumah

Rumah termasuk kebutuhan primer, namun perlengkapan atau barang-barang dalam rumah masuk ke dalam kebutuhan sekunder. Beberapa contohnya yaitu lemari, kursi, meja, TV, rak piring, dan lain-lain.

  1. Komunikasi

Komunikasi juga sangat penting di dalam setiap kehidupan manusia. Jika zaman dahulu komunikasi kebanyakan dilakukan secara tatap muka atau berkirim surat, namun sekarang sudah ada berbagai media sosial yang tersedia untuk berkomunikasi dengan siapapun dan dari manapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme