Ciri – Ciri Dan Contoh Komunis

Ciri – Ciri Dan Contoh Komunis – Pengertian komunis secara umum adalah ideologi atau paham yang berhubungan dengan filosofi, politik, sosial, dan ekonomi, dimana tujuan utamanya adalah untuk menciptakan masyarakat dan sistem ekonomi yang maju dalam hal teknologi dan tenaga-tenaga produktif. Dalam arti lain paham komunisme adalah paham yang mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Ciri – Ciri Dan Contoh Komunis

Ciri – Ciri Dan Contoh Komunis

Paham komunisme menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi (modal, tanah, tenaga kerja) dimana tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, dan setara atau tanpa kelas.

Sejarah Singkat

Paham komunisme dicetuskan oleh Karl Marx dan Friendrich Engels dalam manifesto poliltik pada 21 februari 1848. Manifesto politik tersebut berisi teori analisis pendekatan komunis untuk perjuangan kelas masyarakat dan kemakmuran ekonomi yang pada akhirnya menjadi suatu gerakan politik yang paling berpengaruh pada saat itu.

Munculnya ideologi ini dilatar belakangi oleh kesenjangan ekonomi di berbagai negara Eropa pada segi industri. Pada masa itu orang-orang yang berkuasa lebih mementingkan kesejahteraan ekonominya sendiri dimana petani dan buruh selalu mengalami penindasan. Karl Marx ingin menciptakan masyarakat yang lebih adil, tidak mengenal kelas, mengutamakan hak setiap orang, serta tidak bergantung kepada Tuhan.

Baca Juga :

Ideologi ini berkembang sangat pesat di berbagai negara di dunia. Bahkan komunisme mencapai puncak kejayaannya di negara Rusia (Bolshevik) dengan terbentuknya Uni Soviet dan Komunisme Internasional (Komintern). Meskipun paham Komunisme ditolak di berbagai negara (termasuk Indonesia), paham ini tetap ada dan dipakai sebagai ideologi di beberapa negara, seperti; Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam, Laos, Kuba, dan Korea Utara.

Ciri – Ciri Paham Komunisme

Adapun ciri-ciri Komunisme adalah sebagai berikut:

  1. Paham ini mengajarkan teori pertentangan kelas sosial di masyarakat, sehingga sering terjadi pertentangan antara kaum proletariat melawan tuan tanah dan kapitalis.
  2. Komunisme memiliki doktrin revolusi terus-menerus (continuous revolution) hingga menyebar ke seluruh dunia.
  3. Menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komunis. Dalam penerapannya hanya ada satu partai saja dan tidak ada partai oposisi, sehingga cenderung tidak menghormati HAM.
  4. Negara dan hukum akan hilang karena tidak dibutuhkan dalam paham Komunisme.
  5. Kekayaan alam dan alat-alat produksi merupakan milik pemerintah sepenuhnya dan kepemilikan individu tidak diakui selain pakaian, perabotan, dan upah.
  6. Secara teori, paham ini bertujuan untuk memakmurkan rakyat, dan tanpa kelas sosial. Namun, pada pelaksanaannya ada fase diktator proletariat yang bertugas menghabiskan lawan komunisme, terutama tuan tanah.

Contoh Paham Komunisme

  • Kegiatan Perekonomian Dikuasai oleh Negara.

Contoh dari keberadaan ideologi komunisme di suatu negara, misalnya negara Korea Utara dimana semua kegiatan perekonomian dikuasai oleh negara.

  • Menggunakan Sistem Satu Partai.

Contoh ideologi komunisme pada negara dengan sistem satu partai. Di negara Republik Rakyat China, bisa dilihat adanya sebuah partai penguasa yang sangat besar, yaitu Partai Komunis China.

  • Kurang Mendukung Adanya Praktek Keagamaan.

Ideologi Komunisme berbeda dengan paham atheisme. Komunisme merupakan ideologi politik sedangkan atheisme merupakan ideologi kepercayaan. Banyak yang beranggapan bahwa komunisme sama dengan atheisme.

  • Menganggap Bahwa Setiap Manusia itu Setara.

Ideologi komunisme merupakan bentuk tertinggi dari ideologi sosialisme. Dalam ideologi ini, setiap manusia memiliki derajat yang sama. Tidak ada perbedaan antara kaum proletar dan kaum borjuis. Hal ini merupakan salah satu nilai positif dari komunisme. Adanya kesetaraan ini merupakan salah satu ciri-ciri ideologi komunisme yang paling utama.

Updated: Juli 20, 2019 — 4:49 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme