Cara Pengendalian Hama Padi

Cara Pengendalian Hama PadiKita ketahui bahwa padi menjadi salah satu komoditas tanaman yang cukup besar di Indonesia. Hal ini tercatat dengan berbagai produsen padi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Cara Pengendalian Hama Padi

Cara Pengendalian Hama Padi

Hal tersebut jugalah yang menjadi garis besar kita tentang definisi dari Indonesia yang di juluki sebagai Negara agrarian, yang sampai dengan detik ini masih diakui oleh Negara-negara lain.

Namun, kita tidak pernah mengerti bagaimana para petani-petani Indonesia berjuang untuk tetap menjadi Negara demikian dengan menghadapi berbagai gangguan seperti hama yang sering menyerang tanaman padi untuk tidak tumbuh sesuai dengan keinginan.

Ada berbagai pengendalian hama yang perlu dipahami, diantaranya:

Memilih varietas yang tahan hama

Hal ini akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu berbagai jenis hama mulai menyerang padi, terutama hama wereng yang kita ketahui, memiliki tingkat berbahaya yang cukup tinggi bagi pertumbuhan padi secara maksimal.

Sistem Gilir Varietas

Mungkin beberapa orang lebih paham dengan teknik ini jika kita bahas mengenai tanaman lain selain padi. Mengingat kita harus mempertahankan pH tanah agar seimbang, dan lainnya.

Hal tersebut juga dilaksanakan agar tanah tetap dalam kondisi yang subur, sehingga menanam apapun bisa tumbuh dengan mudah.

Hal tersebut juga diterapkan pada padi. Dimana jika Anda ingin hama yang menyerang tanaman padi lambat laun berkurang, cobalah untuk mengganti varietas di berbagai musimnya.

Bukan tidak mungkin jika beberapa jenis hama mulai menghindar disebabkan tidak cocoknya mereka dengan tanaman padi yang Anda tanam tersebut.

Menggunakan Pestisida

Ada beberapa orang yang selalu men-cap pestisida sebagai bahan kimia yang dapat merusak berbagai tanaman.

Baca Juga :

Namun ada yang mengatakan bahwa mereka menjadi jalan yang bagus untuk mengurangi hama-hama yang selalu menyerang padi.

Ya, mereka menjadi salah satu jalan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi padi agar tidak terserang hama, seperti wereng misalnya.

Namun perlu dicatat bahwa penggunaan pestisida harus sesuai dengan yang dianjurkan, jika tidak maka hal fatal seperti padi tidak tumbuh dan lainnya, bisa terjadi. Sekian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme