Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Sawi

Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Sawi – Yang dimaksud dengan sayur Sawi adalah salah satu jenis tanaman sayur yang saat ini sudah banyak dibudidayakan di desa – desa berupa ladang sayur yang lumayan luas dan tampak menarik ketika mendekati musim panen sayur Sawi.

Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Sawi

Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Sawi

Tanaman Sawi selain dikenal sebagai salah satu tanaman sayur yang mudah dibudidayakan juga mudah dalam hal memasarkan terutama di pasar – pasar tradisional.

Secara garis besar, cara membudidayakan atau menanam tanaman Sawi atau ‘caisim’ adalah sangat mudah tak jauh beda dengan tanaman sayur sejenis yang lainnya.

Namun meskipun terlihat praktis dan sederhana, ada beberapa jenis penyakit yang kerap mengganggu tanaman Sawi yang baru tumbuh tunas dan tentu saja kondisi ini berpengaruh buruk terhadap kelancaran pertumbuhan sayur yang dimaksud.

Nah terkait dengan pembahasan singkat kami tersebut di atas, dikenal beberapa jenis penyakit tanaman Sawi anda ketika masih dalam tahap belajar mengeluarkan tunas – tunas baru, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tanaman Sawi anda mulai memperlihatkan gejala terkena busuk pada bagian daun.

Ini adalah salah satu penyakit tertua yang dikenal oleh manusia sejak jaman dahulu, yaitu penyakit busuk daun atau dalam Bahasa Latin bernama ‘Phytotora sp.’ Sekalipun anda sudah mengaplikasikan penanaman Sawi Hijau secara ‘hidroponik’ penyakit yang bersangkutan tetap saja membandel menjangkiti tanaman Sawi anda yang masih berusia muda.

Cara mengatasinya adalah dengan mengenali terlebih dahulu gejala – gejala apa saja yang biasa menyerang tanaman Sawi anda, apa gejala tersebut merujuk kepada penyakit – penyakit tertentu ?

Di bawah ini kami berikan beberapa jenis penyakit yang mudah dikenali dari penampakan gejala – gejala penyakit yang memudahkan orang awam sekalipun mengenal penyakit sawi apa yang menyerang tanaman Sawi anda di ladang, berikut antara lain :

  1. Daun – daun yang siap panen hingga tunas – tunas baru tiba – tiba berubah warna kekuningan.
  2. Tanaman terlihat seperti kelebihan air atau berlendir.
  3. Daun kian hari mulai berguguran lalu perlahan – lahan seperti seonggokan sampah yang mulai membusuk.

Apabila tanaman Sawi anda tersebut di atas positif mengalami beberapa kondisi buruk maka wajib segera ditangani yaitu sebagai berikut :

  • Terdapat 2 penanganan yang wajib untuk anda lakukan yaitu dengan sanitasi terhadap kebun / ladang tanaman Sawi anda.
  • Lakukan penjarangan daun sebelum memasuki proses penanaman.
  • Lakukan penyemprotan terhadap cairan kimiawi berupa ‘fungisida’ Bion M 1/48 Wp. ‘Kocide’ 60 WDG dengan ‘Topsin’ M 70 WB.

2. Penyakit kedua yang rentan menyerang tanaman Sawi anda adalah penyakit akar gada.

Jenis kedua dari penyakit pada tanaman Sawi adalah akar gada yang dalam Bahasa Latin bernama ‘Plasmodiophora Brassicae’. Seperti namanya, penyakit ini rata – rata mempunyai dampak secara langsung terhadap bagian lainnya dari tanaman Sawi, dimana pada umumnya suka menyerang langsung pada bagian akar.

Agar memudahkan anda dalam melakukan pencegahan maka berikut ini kami berikan ciri – ciri dari penyakit ini agar mampu membantu anda yang awam mengenalinya lalu segera melakukan pencegahan dan pengobatan.

  1. Akar tanaman yang terlihat mulai membusuk.
  2. Tanaman mulai terlihat mengering.
  3. Tanaman secara keseluruhan menjadi layu.
  4. Selanjutnya tanaman mati secara tiba – tiba.

Apabila tanaman anda menunjukkan gejala ciri – ciri tersebut di atas maka perlu memperhatikan beberapa langkah guna mengatasi tanaman semakin memburuk dalam perkembangan selanjutnya adalah melakukan sanitasi terhadap seluruh area kebun atau lahan Sawi anda.

Updated: Desember 14, 2018 — 1:03 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme