Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Kacang Hijau

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Kacang Hijau – Dalam melakukan budidaya kacang hijau pastilah akan ada kendala yang dialami seperti penyerangan hama dan penyakit terhadap tanaman kacang hijau tersebut. Budidaya tanaman kacang hijau sendiri tidak begitu sulit, seperti halnya tanaman jenis kacang-kacangan lainnya, tanaman kacang hijau juga akan menghasilkan panen yang berkualitas apabila ditanam dengan benih yang berkualitas.

Hama dan penyakit tanaman kacang hijau, apabila menyerang dapat mengakibatkan kualitas panen menjadi menurun bahkan dapat terjadi gagal panen. Oleh karena itu perlu diperhatikan bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit yang menyerangnya, berikut ini beberapa hama dan penyakit yang menyerang tanaman kacang hijau.

Hama Tanaman Kacang Hijau

  1. Lalat Kacang

Tanaman kacang hijau yang terserang oleh hama ini ditandai dengan bercak-bercak pada daun yang ditinggalkan oleh hama tersebut. Polong yang terserang lalat kacang akan gugur, dan daun pada tanaman kacang hijau berubah warna menjadi kekuningan dan mulai layu. Setelah tanaman kacang hijau berumur 3 hingga 4 minggu, tanaman tersebut akan mati.

Pengendaliannya dapat dilakukan dengan penanaman secara serempak dan dengan pergiliran penanaman.

  1. Ulat Jengkal

Hama ini memiliki ukuran tubuh 2 hingga 3 cm, dengan tubuh berwarna hijau, serta berjalan dengan menjengkal. Tanaman yang terserang ulat jengkal ini, yaitu tanaman yang sudah tua. Biasanya ulat jengkal menyerang daun tanaman kacang hingga tulang daun.

Cara pengendaliannya yaitu dengan memusnahkan telur dan larva dari ulat jengkal ini.

  1. Penggerek Polong

Sesuai dengan namanya, hama ini menyerang polong tanaman kacang hijau. Tanaman yang terserang ditandai dengan polong yang berlubang, dan akhirnya polong habis dimakan oleh hama ini.

Pengendaliannya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida pada tanaman kacang hijau yang terkena hama ini.

  1. Kepik Padi Hijau

Hama yang memiliki nama ilmiah Nezara Viridula ini dapat dikendalikan dengan melakukan penanaman secara serempak. Kepik ini akan meninggalkan telurnya di bagian bawah daun pada tanaman kacang hijau.

Penyakit Tanaman Kacang Hijau

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman kacang hijau.

  1. Bercak Daun mn

Tanaman kacang hijau yang sedang terserang penyakit ini, pasti akan ditandai dengan adanya bercak pada bagian daunnya.

Cara pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara memangkas daun yang terserang penyakit ini, dan melakukan penyemprotan dengan Benlate 50 WP pada tanaman yang berumur 30 dan pada 40 hari.

  1. Karat Daun

Daun tanaman kacang hijau yang terserang penyakit tanaman kacang hijau ini, ditandai dengan daun yang berwarna merah dan terlihat seperti karat.

Untuk mengendalikan penyakit karat dilakukan dengan menanam varietas tanaman yang tahan terhadap penyakit.

  1. Kudis

Tanaman kacang hijau yang terserang penyakit ini, dapat dikendalikan dengan menanam varietas tanaman kacang hijau yang tahan terhadap penyakit, dan tanaman yang terserang dicabut serta dibakar agar tidak menular ke tanaman lainnya.

Selain itu dapat dilakukan pula dengan melakukan penyemprotan menggunakan pestisida secara teratur pada tanaman yang berusia 20 hari, 30 hari, dan tanaman yang berusia 50 hari.

  1. Embun Tepung

Embun tepung merupakan salah satu jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman kacang hijau. Penyakit tanaman kacang hijau ini dapat dilakukan dengan menanam tanaman yang tahan terhadap berbagai jenis penyakit, dan menyemprotkan fungisida pada saat tanaman kacang hijau berumur 3 minggu.

Updated: April 10, 2019 — 2:55 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme