Cara Budidaya Tanaman Timun Suri Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Timun Suri – Timun sari merupakan tanaman semusim yang menghasilkan  buah dari suku labu-labuan. Timun sari masih satu keluarga dengan buah melon, semangka dan labu. Dan timun sari ini mengandung  banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam linoleat, kalium, poasium serta potasium yang sangat baik bagi tubuh.

Cara Budidaya Tanaman Timun Suri Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Timun Suri Untuk Pemula

Tanaman timun suri ini bisa ditanam di berbagai iklim, tetapi jika ingin hasil yang maksimal sebaiknya ditanam di iklim kering suhu 21-27°C. Untuk tanah membutuhkan tanah yang gembur, mengandung unsur hara yang cukup, mudah menyerap air, dan mengandung pH 6-7. Timun sari paling cocok di ketinggian wilayah 1000-1200m dpl.

Langkah-langkah Budidaya Timun suri

  1. Pemilihan Bibit

Untuk mendapatkan bibit yang unggul Anda bisa dapatkan dengan 2 cara beli dari toko pertanian atau bisa dari bah timun sari itu sendiri.

Dari buah timun sari

  • Pilihlah yang sudah matang, cirinya ialah melihat kulitnya, jika ada retakan pada kulit, itu dikarenakan jika buah timun sari matang maka daging buah akan mengembang dan membesar sehingga mendorong untuk merobek kulit tersebut. Selain bentuk kulit ciri lainnya adalah aroma, jika sudah matang timn suri memiliki aroma yang manis dan segar.
  • Belah buah tersebut lalu ambil bijinya, rendam dalam air buang yang mengapung ambil yang tenggelam. Setelah itu jemur sampai kering.

Jika Anda tidak mau ribet Anda bisa langsung beli ditoko pertanian

  • Pilih kemasan yang masih bagus
  • Cek kadaluarsanya
  1. Persiapan Lahan

Langkah selanjutnya adalah pengolahan lahan. Bersihkan lahan dari gulma-gulma aik dari bekas tanaman timun suri itu sendiri atau tanaman lain. Lalu gemburkan lahan dengan mencangkul dan membajaknya. Setelah itu buatlah bendengan lebar, panjang dan tinggi sesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Buatlah 2 lajur kanan dan kiri  di setiap bendengan tersebut dan tengah nya dibuat parit.

Jika pH tanah Anda kurang dari 5,5 maka pengapuran dengan dolomit wajib dilakukan. Setelah itu lakukan pemupukan dasar. Dengan menggunkaan pupuk organik yaitu pupuk kitaburkan di ompos maupun kandang. Dan pupuk non organik yaitu SP, KCL, UREA perbandingannya 2 : 1 : 1. Semua pupuk tersebut secara merata diatas bendengan yang telah Anda buat. Lalu diamkan selama 10 – 15 hari.

  1. Penanaman Bibit

Benih yang sudah dikeringkan masukan kedalam bendengan, kira-kira kedalaman 2cm. Masukan 2 biji benih lalu tutup kembali dengan tanah dan bri air agar tanah tetap lemba.

  1. Tahap perwatan.

Untuk perwatan dilakukan beberapa tahap yang harus Anda lakukan.

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hingga tumbuh, umumnya dari ketika ditanam sampai tumbuh buruh waktu 7hari. Tanaman timun sari tidak tahan dengan panas yang terik jadi Anda harus tetap menjaga kelembapannya.

  • Penyulaman dan penyiangan

Lakukan penyulaman dengan cara mengotrol tanah jika sempama ada tanaman yang mati Anda bisa menggantinya dengan tanaman yang baru. Pada umumnya penyulaman ini dilakukan pada 10 hari setelah tanam

Selain penyulama Anda juga bisa lakukan penyiangan, yaitu dengan cara membersihkan gulma-gulma yang tumbuh disekitar tanaman timun suri

  • Pemupukan

Setelah diawal Anda melakukan pemupukan dasar untuk selanjutnya Anda harus melakukan pemupukan lanjutan. Pupuk yang digunakan NPK, pemupukan dilakukan sebanyak 5X berturut-turut, pada saat tanaman berusia 10 hari setelah tanam, 17 hari setelah tanam, 24 hari stelah tanam, 31 hari setelah tanam dan 40 hari setelah tanam.

  1. Panen

Timun suri dapat di panen setelah bermur sekitar 60-100 setelah masa tanam. Biasanya buah timun suri yang siap panen cirinya tangkai buah mengering dan buah lepas sendiri dari tangkainya.

Semoga langkah-langkah diatas bermanfaat, selamat mencoba.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Mangga

Updated: Februari 21, 2019 — 2:05 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme