Cara Budidaya Tanaman Mangga

Cara Budidaya Tanaman Mangga – Hallo!! Selamat malam kali ini kita akan membahas seputar buah mangga , siapa coba yang tidak suka terhadap buah yang satu ini  ? saya rasa hampir semua kalangan menyukai buah yang satu ini , macam macam dari buah mangga ini juga ternya ada banyak di antaranya ada mangga kedong , golek , madu dll.

Cara Budidaya Tanaman Mangga

Cara Budidaya Tanaman Mangga

Budidaya tanaman mangga ini juga ada beberapa cara mari simak penjelasan di bawah ini :

  • Mencangkok

Batang yang terpilih untuk dicangkok dengan syarat dan dikuliti , lebar sayatan 7 – 10 cm , penyayatn ini dilakukan sehingga kelihatan kayunya yaitu dengan cara mengerok lapisan cambium batang tersebut selanjutnya sayatan di biarkan kering kurang lebih 2 – 4 hari, kemudian disekitar sayatan di beri tanah dan pupuk dan di beri sebuah bungsus yang telah di lubangi.

Apabila terpaksa pencangkokan dilakukan pada musim kemarau , maka cangkokan tersebut selalu disiram , biasanya setelah 2 – 3 bulan cangkokan tersebut sudah mulai berakar dan sudah bisa di potong lalu di tanam.

  • Dengan Okulasi

Pertama yang harus dilakukan adalah ambil mata tunas ,berikut kayunya yang benar benar unggul, pohon pangkal dikupas setinggi 10 – 15 cm di atas tanah , kulit yang dikupas dipotong dua pertiga bagiannya , mata tunas diselipkan pada pohon pangkal lalu di ikat erat dengan tali plastic , namun tunasnya jangan ikut terikat .

Setelah 3 minggu ikatan tali plastic dilepas , jika mata tunas tetap hijau maka proses okulasi berhasil , jika layu atau kering maka gagal , dapat dilakukan ulangan disebelahnya , bila pohon pangkal berhasil maka pohon pangkal dirundukan  ( dipatahkan dengan gunting ) kurang lebih 10 cm di atas tanah , untuk mendesak mata tunas tumbuh , sedang daun masih berfungsi untuk menghasilkan makanan .

  • Penanaman

Kebun di beri lubang kira kira 1 bulan sebelum musim hujan , yang ukurannya 1 m x 1m x1m atau 60 cm x 60 cm x 60 cm , adapun jarak tanam nya 10m x 10 m atau 12m x 12m . lubang di biarkan terbuka selama 30 hari lamanya yang tujuannya agar keasaman tanah nya hilang .

Bibit di tanam sedlam leher akar , penanam dilakukan di pagi hari atau sore hari dan sebaiknya saat musim dingin , pemeliharaannya dengan rajin menyiramnnya agar proses pertumbuhan berjalan baik , saat pemangkasan dilakukan pada umur 1-1,5 tahun pada ketinggian 60 cm di atas tanah , tunas yang tumbuh dipelihara 3 batang dan di pilih dua saja yang terbaik , pemangkasan kedua dilakukan saat umur 2 tahun saat musim hujan dilakukan dengan jarak 30 – 35 cm dari bekas pemangkasan yang pertama , pemangkasan ketiga dilakukan saat umur 3 tahundengan tinggi pemangkasan 3- – 35 cm dari bekas pemangkasan yang kedua, agar mempercepat proses pertumbuhan maka lakukan lah proses pemupukan sesuai dengan prosedur.

Baca Juga :

Nah dan itulah sedikit artikel kali ini semoga bisa membantu jangan lupa share agar semakin banyak orang yang terbantu , sekian dan terimakasih

Updated: Februari 20, 2019 — 3:58 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme