Cara Budidaya Cabe Merah Dengan Menggunakan Pot

Cara Budidaya Cabe Merah Dengan Menggunakan Pot – Hingga saat ini dikenal ada banyak tehnik / cara budidaya cabai merah yang tergantung terhadap kondisi alam dan lahan tanam. Salah satunya yang terkenal dan cukup praktis untuk dilakukan yaitu teknik menanam Cabe di dalam pot – pot pilihan.

Cara Budidaya Cabe Merah Dengan Menggunakan Pot

Cara Budidaya Cabe Merah Dengan Menggunakan Pot

Banyak orang tergiur ingin sukses dalam budidaya Cabe, maka dari itu sebelumnya harus mengetahui tentang bagaimana cara membudidayakan Cabe dalam pot – pot pilihan sehingga bisa memanfaatkan lahan – lahan yang terbatas.

Cara mengembangkan budidaya Cabe dalam pot dianggap paling baik untuk memanfaatkan kondisi lahan yang tanahnya terbatas karena beberapa faktor seperti sebagian permukaan tanah sudah di semen atau karena kondisi tanah yang asli keras dan kurang subur.

Keuntungan yang lain bisa diperoleh dari menanam Cabe di dalam pot adalah :

  • Minim dalam hal melakukan penyiangan.
  • Melakukan pengairan menjadi lebih mudah.
  • Dapat melakukan pemindahan tanaman ketika cuaca sedang buruk.
  • Melakukan panen menjadi lebih mudah.

Nah membaca sekilas penjelasan dari kami tersebut di atas, bagi anda yang tertarik guna menekuni dan mencoba menanam Cabe di dalam pot maka di bawah ini kami berikan beberapa informasi terkait dengan cara menanam Cabe di dalam pot dengan cara standar untuk difungsikan sebagai panduan dalam menanam nantinya. Langkah – langkah / cara menanam Cabe di dalam pot yang perlu anda ketahui antara lain tersebut di bawah ini :

1. Melakukan Persiapan Lahan Tanam

Sangat mudah dalam memilihkan lahan untuk membudidayakan tanaman Cabe sehingga pohon yang satu ini bisa dikembangkan dengan bagus pada lahan di dataran rendah maupun dataran tinggi dan pada lahan – lahan seadanya dengan memilih menanam Cabe pada pot. Nah secara garis besar akan kami berikan panduan terbaik dan praktis guna meletakkan pohon Cabe di dalam pot yang harus mempunyai kriteria sebagai berikut :

  • Letakkan pot – pot tersebut dalam paparan sinar matahari secara langsung minimal 7 jam / hari.
  • Apanila anda memilih untuk meletakkan pada area yang terbuka sehingga angin mudah menggoyang maka tambahkan pagar dari tanaman peneduh untuk fungsi sebagai tameng angin. Selanjutnya letakkan pot – pot tersebut pada tempat yang terlindung dari hembusan angin yang kuat / besar.
  • Bagian bawah pot harus beralaskan tanah guna mencegah suhu panas yang datangnya dari ‘paving’ atau aspal sehingga tak membunuh perakaran terhadap tanaman cabe.
  • Berdekatan dengan sumber air atau lakukan penyiraman yang rutin serta memaksimalkan mendapat cahaya matahari di waktu pagi hari dengan baik.

2. Melakukan Pengolahan Tanah Untuk Ditaruh Dalam Pot

Berikut ini langkah – langkah dalam mengolah tanah guna ditempatkan dalam pot – pot yang hendak ditanami pohon Cabe adalah sebagai berikut :

  • Melakukan pemilihan pot – pot plastik / polybag berwarna hitam yang mempunyai ukuran besar.
  • Cari tanah yang dalam kondisi subur untuk mengisi pot – pot tersebut. /3/Melakukan pencampuran dengan merata antara sekam, merang atau serbuk gergaji pada tanah yang sudah tersedia / sudah diayak tersebut di atas. Jaga kondisi tanah agar tetap gembur dan mudah untuk menyerap air.
  • Tanah jangan dulu dimasukkan ke dalam pot – pot tersedia karena masih harus diberi / dicampur dengan pupuk dasar.

3. Melakukan Pemberian Pupuk Dasar

Tanah yang sudah tercampur tersebut di atas didiamkan sebentar untuk selanjutnya dicampur dengan pupuk organik dan NPK serta bubuk Kalsium / kapur ‘dolomit’.

Pupuk yang dimanfaatkan bisa dalam jenis pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk organik butiran yang saat ini banyak dijual pada toko – toko pertanian.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang bagaimana cara budidaya tanaman cabe merah dengan menggunakan pot, semoga bermanfaat !

Updated: Januari 2, 2019 — 5:24 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Paling Terkini © 2018 Frontier Theme